#ReviewBuku : The Big Moo
07.06
Buku ini terdiri dari kumpulan cerita-cerita singkat 33 tokoh yang merupakan para pengarang buku terlaris, pembicara, pemimpin dan pemikir. Seth Godin, sang penulis buku bisnis & marketing terlaris, menggabungkan pemikiran ke-33 tokoh tersebut dalam `The Big Moo`.
Kita dapat mengartikan `The Big Moo` sebagai sebuah lenguhan besar. Ya, sesuatu yang luar biasa (remarkable). Misalnya sesuatu yang mampu membuat suatu produk menjadi barang yang layak dibicarakan, suatu inovasi yang luar biasa yang menjaga pertumbuhan perusahaan.
Dan kita harus menemukan serta menciptakan 'The Big Moo' itu!
Luar biasa bukan penilaian kita sendiri tetapi penilaian menurut kacamata pelanggan (customer). Jika pelanggan (customer) memutuskan bahwa yang kita kerjakan itu layak dipuji, maka sesuai dengan artinya pekerjaan yang kita lakukan itu memang luar biasa.
Bertumbuh
Kata kuncinya adalah `Bertumbuh`. Karir terbentuk dan kemajuan tercapai ketika terjadi pertumbuhan. Perekonomian kita juga dibangun di sekitar perusahaan-perusahaan yang bertumbuh. Nilai saham meningkat ketika perusahaan berkembang. Hal-hal yang sedang bertumbuh tidak akan terus tumbuh selamanya ~ tetapi itu bukan menjadi masalah karena pengalaman-pengalaman yang kita kumpulkan tetap kita simpan dan kita membawa pengalaman-pengalaman itu ke mana pun kita pergi.
Jadi `The Big Moo` penting demi inovasi yang membuat perusahaan/ individu bertumbuh. Seth Godin memaparkan bahwa tidak ada formula langkah demi langkah yang dapat kita semua ikuti. Itu sebabnya ia menghadirkan kumpulan pengalaman inovatif dan inspiratif dari tokoh-tokoh bisnis & marketing, dalam buku ini.
Beberapa point yang dapat saya highlight dari buku ini :
- Kadang-kadang kita menemukan inovasi yang luar biasa di tempat-tempat yang paling tak terduga.
Virginia Apgar, seorang dokter ahli anestesi dari Columbian Univeristy`s College memeriksa bayi-bayi yang baru lahir selama bertahun-tahun. Pada era setelah Perang Dunia 2 terjadi ledakan jumlah bayi, namun banyak masalah pernafasan dan peredaran darah yang dihadapi bayi baru lahir sehingga banyak kematian bayi saat itu.
Apgar lalu melakukan Penelitian anastesi perintal (saat kelahiran) dan menciptakan cara penaksiran sederhana dan akurat untuk memeriksa kesehatan bayi selama menit-menit penting saat dilahirkan. Dan cara ini berhasil sehingga `Sistem Penilaian Bayi Baru Lahir` yang dibuat Apgar tsb, saat in menjadi tolak ukur internasional bagi pemeriksaan saeorang bayi begitu dilahirkan.
Seorang dokter lainnya mengembangkan 5 hal penting agar metode atau sistem ini mudah diingat dan dipelajari yaitu dengan singkatan `APGAR` : (A) Appearance ~penampilan bayi, (P) Pulse ~ denyut nadi (G) Grimace ~ seringai atau senyuman (A) Activity ~ gerak (R) Respiratory ~ pernafasan.
Sejak itu, setiap bayi yang dilahirkan di sebuah rumah sakit modern di mana pun di dunia ini, pertama-tama harus diperiksa melalui mata Virginia APGAR. Nilai APGAR telah berdampak/pada penyelamatan bayi di seluruh dunia.
Untuk menciptakan sesuatu yang sederhana dan mendasar, diperlukan banyak pengalaman dan akal sehat. Tidak ada anggaran pemasaran, tidak ada teknologi dan tidak ada biaya dalam ujian APGAR yang dikembangkan tsb. Tapi dampaknya luar biasa.
- Keluarlah dari zona nyaman mu!
Tidak ada kata terlambat. Jangan menutup diri. Masa depan tidak terletak di bawah meja kamu~ namun ada di luar. Maka bangkit dan keluarlah!
- Pelanggan adalah penasihat terbaik mu!
Menjadi perusahaan luar biasa tidak memerlukan biaya puluhan ribu atau jutaan dolar dalam proses `penciptaan ulang`. Pelanggan kadang kala mencintai hal-hal sederhana seperti : mendengar sesorang menjawab telepon pada dering pertama, menerima hasil pekerjaan lebih cepat dari tenggat waktu, menerima ucapan terima kasih yang tulus yang mengingatkan mereka betapa mereka bernilai lebih dari sekedar bisnis saja bagi perusahaan...tapi menghargai pelanggan.
- Dari mana asalnya gagasan-gagasan hebat?
#Dari pegawai baru
#Dari orang-orang di luar kantor
# Dari pekerja-pekerja garis depan (front liner)
# Dari pelanggan
# Dari Perusahaan-perusahaan besar dengan industri yang berbeda.
- Teknik pengujian waktu untuk mendapatkan gagasan-gagasan hebat :
# Perhatikan gagasan kecil.
Pada umumnya kita mengira bahwa kita memerlukan satu gagasan hebat untuk berhasil. Dalam prosesnya kita mengabaikan atau menyaring banyak gagasan yang lebih kecil, menarik, berguna, dan cerdas. Tapi sebenarnya, semua gagasan itu layak dipertimbangkan. Kita tak pernah tau kapan gagasan kecil akan menjadi besar. Jadi, sayangi semua gagasan itu.
# Kumpulkan semuanya. Ketika memikirkan sebuah gagasan, catatlah. Ketika melihat sesuatu yang menarik, catatlah. Lalu tinjau kembali dan lihat apa artinya.
#Keluarlah dari sarang nyaman. Bila kita pencinta buku sejarah, kali ini cobalah novel romantis. Coba keluarlah dari jenis buku favorit mu. Untuk menemukan gagasan-gagasan yang segar dan baru bagi diri kita.
#Lakukan perjalanan. Bepergian bisa memperluas pandangan dan memperdalam wawasan.
# Keep in touch dengan orang-orang yang kamu kenal.
#Ikuti Kursus. Menghasilkan gagasan besar adalah bagian dari belajar, maka belajarlah. Lihat dan coba hal baru!
*PH
0 komentar