Life is Short, Stay Awake For It
03.30
Inspirasi bisa datang dari mana saja, apakah di saat kita sedang berlibur atau bekerja - di saat hectic/sibuk ataupun santai. Berhentilah sejenak dan temukan inspirasi itu.
Minggu lalu saya menemukan quote ini di secangkir Turtle Mocca yang saya nikmati di Caribou Coffee : "Life is short, stay awake for it".
Minggu lalu saya menemukan quote ini di secangkir Turtle Mocca yang saya nikmati di Caribou Coffee : "Life is short, stay awake for it".
Setiap kali menyeruput kopi dari cangkirnya, mata kita akan bertemu dengan quote ini. Sejenak saya sempat berfikir : 'hoo yaa...ini marketing strategy Caribou nich :) orang yang datang ke suatu tempat tentu akan mudah mengingat sesuatu yang unik dan berkesan yang ditemuinya'. Kalau mengutip kata Arianna Huffington : 'people think in stories, not statistics, and marketers need to be master storytellers'.
Ayo coba ingat-ingat, ketika kamu mampir ke suatu tempat...hal apa yang membuat kamu teringat, terkesan dan punya memori khusus? Hampir pasti, yang kita ingat itu sesuatu yang berhubungan dengan suasana/ ambience nya, warna, suara, keramah-tamahan, tulisan-tulisan yang dipasang, maupun cerita yang dibangun dan dibagikan di tempat itu.
Stories are how we remember ; we tend to forget lists and bullet points.
Telisik Makna
Kembali lagi ke kalimat yang menelisik tadi : "life is short, stay awake for it. Kalau sederhananya, kita bisa bilang hehe ini kalimat mungkin maksudnya 'yuk..biar tetap terjaga, gak ngantuk, minum kopi kami. Kalau masih ngantuk, ya ngopi lagi aja'.
Tapi tentu tak sekedar itu. Ada cerita dan mungkin pesan yang menarik dari kalimat tsb.
a) Melihat dari sisi Marketing
Karena tertarik, saya mampir ke website nya :) Caribou menyebutkan kalau itu adalah filosofi mereka. The statement in their web : We believe that life is too short to be spent doing anything other than what you love. What do you stay awake for?
Ya, ini adalah salah satu story yang dibangun oleh suatu brand. Kita bisa melihat atau mengingat bahwa brand Caribou ini memposisikan dirinya sebagai produk yang peduli bahwa hidup ini singkat dan tidak boleh disia-siakan. Dan tentu banyak orang yang setuju dengan filosofi tsb. Well, sebuah cerita (stories) tidak akan mampu menjadi content marketing yang efektif bila cerita tsb tidak dibangun dan tidak dibagikan.
Filosofi hanya akan menjadi filosofi bila sekedar dipajang di sebuah coffee shop misalnya. Tapi story itu akan menjadi unik untuk brand personality-nya bila dibangun dan dibagikan pada mereka yang meyakini nilai-nilai maupun story tsb.
Sedikit studi kasus dari content marketing yang dilakukan Caribou :
Kalau kamu check lagi di website nya, Caribou mengajak visitors untuk terlibat dalam campaign sederhana mereka yang diberi hashtag #StayAwakeFor.
Caribou mengajak visitors untuk berbagi quotes yang disesuaikan dengan foto yang sudah tersedia dan berhubungan dengan aktivitas yang menunjukkan brand personality yang mereka angkat : coffee, love, family, friendship, adventure.
Caribou mengajak visitors untuk berbagi quotes yang disesuaikan dengan foto yang sudah tersedia dan berhubungan dengan aktivitas yang menunjukkan brand personality yang mereka angkat : coffee, love, family, friendship, adventure.
Ini salah satu cara yang menarik dalam melibatkan customers untuk mengenal dan terlibat dengan aktivitas Caribou. Dengan kata lain berupaya membangun Engagement. OK, setelah pilih foto di menu web nya, tersedia menu untuk kita bisa buat quotes sendiri atau pilih yang tersedia. Lalu, seperti halnya edit foto di instagram, tulisan quotes kita akan langsung tersaji dengan foto yang kita pilih. Tadda...jadilah poster quotes. Bisa dibagikan ke social media dan terus dibagikan. Caribou melakukan content marketing ini melalui website nya.
Well, ini adalah salah satu cara storytelling yang menarik. Facts tell, but stories sell.
b) Melihat dari sisi Philosophy dan Musing
Life is short, stay awake for it! Menurut saya filosofi ini dapat dimaknai bahwa kita perlu memberi waktu atau menyediakan waktu untuk mensyukuri hidup yang kita jalani.
Seringkali mungkin kita terperangkap dalam mengejar masa depan yang baik tapi melupakan arti 'live in the present'. Yakni peka dengan apa yang ada saat ini, menikmati - mensyukuri - melakukan yang terbaik dan melihat kesempatan yang baik di saat ini. Dengan kata lain, kita sadar dan terjaga dengan apa yang terjadi di sekeliling kita.
Bermimpi dan membangun impian tentu saja boleh. Tapi jangan lupa untuk stay awake :) Don't just breeze through life. Jangan sampai kita melupakan keindahan dan kebahagiaan sat ini karena sibuk memikirkan yang akan datang.
Hidup hanya satu kali, make sure you make the best of it!
How we live our lives define who we are and the legacy we will leave behind.
==
*notes : ini bukan promosi produk caribou :). Ini ketertarikan saya sendiri untuk menulisnya karena merasa ada hal yang menarik dari apa yang saya lihat dan pikirkan. Mungkin juga bisa menjadi studi kasus sederhana untuk strategi brand dalam membangun content marketing.
0 komentar