5 Alasan Mengapa Kita Perlu Memahami Digital Marketing
07.04Apapun industrinya, apapun model bisnisnya, setiap bisnis dapat memperoleh benefit dari upaya digital marketing. Dengan kata lain, setiap industri/ organisasi maupun individu dapat berinvestasi pada digital marketing, sebagai salah satu solusi yang akan membantu tumbuh kembang perusahaan maupun brand secara online dan offline. Sebab sebetulnya, digital marketing tidak hanya untuk kesuksesan digital saja, tapi juga memberi dampak dengan menghasilkan leads dan konversi pada ranah offline.
Ada banyak alasan mengapa kita perlu mengembangkan digital marketing, baik dalam mendorong pertumbuhan perusahaan maupun usaha/ bisnis online. Mulai dari upaya meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) hingga menghasilkan leads yang berkualitas, misalnya melalui email marketing. Lalu pembuatan konten (content creation) dan menampatkan iklan (ads) yang tepat di waktu dan platform yang tepat.
Berikut adalah 5 alasan mengapa kita perlu berinvestasi pada digital marketing. Pertama, digital marketing meningkatkan visibilitas online. Apakah kamu menjalankan toko fisik atau agensi digital, baik itu skala kecil atau menengah maupun besar, tentu membangun brand secara online menjadi langkah penting. Bukan hanya untuk menjangkau audiens, tetapi juga bagaimana profile dan persona kita dapat menarik bagi search engines, sehingga layak untuk muncul pada laman pertama di Google. SEO merupakan proses jangka panjang yang memberikan hasil dari waktu ke waktu. Iklan berbayar memungkinkan perusahaan dan brand muncul di posisi teratas pasa hasil pencarian yang relevan. Keduanya sama-sama punya manfaat dan mendorong visibilitas online.
Kedua, membangun website yang berpusat pada konsumen (customer-centric website). Bila kita ingin berkembang selama pandemi, kita perlu memanfaatkan peluang digital. Dalam membangun situs web, desain dan optimalisasi merupakan bagian yang penting. Begitupula memahami customer journey, agar apa yang tersedia di website dapat memandu konsumen dalam journey dan experience yang bermanfaat baginya.
Ketiga, memiliki otoritas di local market. SEO lokal merupakan salah satu alat yang ampuh. Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu misalnya, tentu ia akan berusaha meriset produk yang akan dibelinya itu secara online. Karena begitulah cara konsumen modern memvalidasi keputusan mereka.
Keempat, gunakan media sosial untuk membangun loyal community. Apapun industri yang kita geluti, membangun komunitas yang loyal secara online tentulah jadi cara yang ampuh untuk membangun bisnis dan brand.
Kelima, membuat kita tetap relevan. Faktanya bahwa bisnis tidak hanya tentang menawarkan produk/ jasa yang bermanfaat kepada konsumen, tetapi juga harus relevan dengan mereka. Salah satu cara terbaik untuk mencapai relevansi adalah melalui pemasaran konten (content marketing).
Digital Marketing: Pilar Dasar Kesuksesan Bisnis Saat Ini
Digital marketing merupakan pilar dasar untuk kesuksesan bisnis saat ini. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk belajar dan memahami digital marketing. Salah satu saluran untuk kamu bisa melatih keterampilan digital marketing adalah melalui pelatihan bersertifikasi BNSP yang diselenggarakan oleh LSP Teknologi Digital. Lembaga sertifikasi profesi ini mendorong semakin banyak generasi muda untuk menguasai skill digital marketing.
0 komentar