Steps to Working on Your Dream Project (2)

21.19

#Dengarkan kritik, namun jangan berhenti berusaha
Kritik ada yang membangun, namun ada juga yang dapat mematahkan semangat kita dalam menjalani project. Jangan biarkan kritikan mematahkan semangatmu bila kamu sudah yakin dan commit memulai dan mengerjakan prosesnya. 

Kritikan yang baik dan membangun..kita buat itu sebagai pemacu untuk melakukan project dengan lebih baik. Terkadang kritik tak semuanya buruk, saya pernah mendapatkan kritik dari seorang pengelola label music namun itu justru membuka cara berpikir saya. Seorang pengelola independent label pernah mengatakan “mengerjakan album karya musik, tidak usah buru-buru. Yang penting kualitasnya dan concern kita untuk memberikan yang terbaik buat orang yang mendengarkan musiknya”. 

Dan itu menjadi salah satu input yang baik dalam proses persiapan project saya, awalnya saya merancang untuk dikerjakan dalam periode 6 bulan. Namun setelah mempertimbangkan berbagai hal dengan realistis, dan mendapat masukan yang bermanfaat....saya menjalani project musik ini dengan lebih mengalir, tetap mengagendakan waktu tapi tidak terburu-buru, dan hasilnya saya merasa lebih optimal karena saya dan orang-orang yang terlibat dalam pengerjaan project ini sangat concern dengan kualitas musik dan lagu yang kami hadirkan. 

Dan salah satu harapan saya dan teman-teman yang mempersiapkan mini album ini adalah agar para pendengar dapat secara positif merasakan dan memiliki lagu ini. Hal itu hanya akan dapat tercapai bila kami mengerjakannya dengan sungguh dan concern terhadap kualitas dari karya yang kami sajikan ini.

# Jangan Malu untuk Meminta Bantuan
Taukah bahwa orang-orang di sekeliling kita : rekan kerja, saudara, kerabat, kolega, teman-teman...mereka bersedia membantu kita lho. Namun kita sebagai pelaksana project sebaiknya tidak berekspektasi terlampau tinggi karena nantinya bisa kecewa. Yang penting, kita tak malu untuk meminta bantuan karena mereka sesungguhnya siap untuk memberikan ide, pendapat, dan bahkan bantuan pada kita. 

Yang seringkali terjadi adalah kita ragu, takut atau sungkan untuk meminta bantuan. Jangan mengandalkan diri kita sendiri, kita harus berkolaborasi dengan orang lain..membuka kesempatan untuk mereka juga dapat berkarya dan berkreasi. Itu lebih menyenangkan bukan? :)

Beberapa persiapan dalam project mini album saya, misalnya,  seperti pembuatan website, design cover CD...dibantu oleh teman-teman yang dengan senang membantu saya. Saya sangat appreciate sekali dan rasanya tidak sabar untuk mencantumkan nama-nama mereka pada credit title yakni orang-orang berjasa yang mendukung project impian ini. 

Yukk..ajak temanmu untuk kolaborasi. Ini juga berarti Berbagi Kesempatan dengan mereka untuk ikut berkarya!

Related post : 
*Steps to working on your dream project (1)
*Start working on Your Dream Project 

You Might Also Like

0 komentar