Lilin-Lilin Kecil (The Little Candles)

01.18

Satu minggu yang lalu, Jumat 28 Agustus 2015,  saya kembali dipercayakan untuk menyanyi (solo) dalam seremoni Wisuda Universitas Indonesia. Kesempatan untuk menyanyi di panggung #BalairungUI pada acara #WisudaUI, bagi saya adalah moment untuk berbagi semangat dan inspirasi dengan wisudawan dan mahasiswa baru yang hadir di acara itu. Khususnya berbagi semangat dan inspirasi lewat lagu. 

Sebuah lagu memiliki jiwa (soul) yang diterjemahkan lewat lirik lagu yang kita nyanyikan dan melodi yang kita lantunkan. Sebuah lagu mampu menggetarkan nurani, ketika datangnya dari hati. 


Pada kesempatan ini, saya membawakan sebuah lagu 'Lilin-lilin Kecil'. Lagu ini memiliki arti/ makna yang dalam. Meski lagu ini tergolong lagu lama, namun termasuk lagu yang everlasting karena banyak orang - baik tua/ muda, anak-anak/ dewasa - mengenali lagu itu terutama pada penggalan  Reffrain nya : 

"Dan kau lilin-lilin kecil, sanggupkah kau mengganti.
Sanggupkah kau memberi seberkas cahaya. 
Dan kau lilin-lilin kecil, sanggupkah kau berpijar. 
Sanggupkah kau menyengat seisi dunia" 


Makna filosofi lagu Lilin-Lilin Kecil : 
Sanggupkah kita para generasi penerus/ para pemuda untuk meneruskan dan menggantikan para pendahulu kita. Dan tetap menyalakan cahaya, bahkan di tengah kegelapan sekalipun. 

==

Saat akan menyanyikannya, yang ada dalam pikiran saya adalah bahwa  arti lagu ini perlu tersampaikan pada audience. 'Lilin-Lilin Kecil' adalah diri kita, yang kelak meneruskan terang dan cahaya dari orang-orang tua kita. Mampukah dan sanggupkah kita mengganti, dan terus membawa terang bahkan di tengah kegelapan. 


Moment ini menjadi indah dan menggetarkan ketika ribuan audience (mahasiswa baru, wisudawan, guru besar dan tamu-tamu) secara spontan menyalakan flash light dari telepon genggam mereka. Lalu melambaikan flash light handphone mengikuti irama lagu. 
Saya tergetar saat mereka merespon lagu itu dengan pemandangan flash light yang begitu indah di gedung Balairung yang dipenuhi puluhan ribu orang ini. Dan sesaat, terlihat seperti ribuan lilin-lilin kecil yang dinyalakan, mengiringi lagu ini. Audience pun turut menyanyikan Reffrain lagu dan menemani saya memeriahkan seremoni #WisudaUI #BalairungUI. 



Video ini adalah kiriman dari mas Arie Soesilo, dan direkam dengan handphone oleh seorang anggota Dewan Guru Besar. Video lengkap dari moment ini tersedia di : https://www.youtube.com/watch?v=m0vB8cUEBxg 

Tanggal 30 Agustus, saya menghubungi om James F. Sundah via whatsapp. Saat ini beliau tinggal dan berkarir di New York bersama keluarganya. Saya menceritakan pada guru/ mentor saya ini, bahwa lagu ciptaannya saya nyanyikan dan betapa banyak orang mengenali lagunya. Dia pun membalas whatsapp itu : 'Terimakasih Pen, sudah membawakan Lilin-Lilin Kecil di moment besar itu. Saya terharu". 

Selama 13 tahun saya menyanyi solo dalam seremoni Wisuda UI, ini adalah untuk pertama kalinya ribuan flash light dilambaikan bersama nyanyian 'Lilin-Lilin Kecil'. Dulu, pernah di saat moment saya membawakan lagu 'Bunda', ribuan audience melambaikan tangannya seperti membentuk gelombang 'ombak tangan' :). Saya tergetar setiap kali audience merespon nyanyian secara spontan dengan indahnya. 





==



Flashback 
Lagu 'Lilin-Lilin Kecil' diciptakan oleh James.F.Sundah, seorang composer legendaris Indonesia. Lagu ini pertama kali diperkenalkan dalam Lomba Cipta Lagu Remaja thn 1977 (di tahun ini saya belum lahir tentunya hehe...). Dan semakin dikenal sejak lagu ini dibawakan oleh Chrisye. 

Lagu 'Lilin-Lilin Kecil' sebenarnya memiliki makna yang dalam. Di tahun 1997, saat saya masih kelas 6 SD atau mungkin kelas 1 SMP, saya mengikuti Jakarta Music Festival yang diselenggarakan oleh James F. Sundah. Lagu yang saya bawakan saat itu adalah 'Lilin-Lilin Kecil'. Awal mengenali lagu itu di thn 1997, sulit bagi saya memahami arti liriknya. Hingga akhirnya saya dilatih oleh om Yonas Pareira (seorang composer dan pelatih vocal) dan diberikan wawasan tentang arti lagu itu. Setelah berhasil menjuarai festival itu, saya pun banyak dilibatkan oleh om James F Sundah untuk mengikuti sessi rekaman (recording) dan menyanyi di berbagai festival. Saya  bersyukur mendapatkan kesempatan dan pengalaman dilatih tentang musik oleh beliau. 

Hingga kemudian di tahun 2012, saya mendapat kesempatan duduk bersama-sama sebagai Juri dengan om james (mentor saya) pada sebuah Festival menyanyi tingkat nasional. Hati saya mengucap syukur untuk setiap kesempatan yang Tuhan anugerahkan. 

Dan di Agustus 2015 kemarin, berkesempatan membawakan sebuah karya dari om James F Sundah, yakni 'Lilin-LIlin Kecil' di hadapan ribuan audience pada acara Wisuda Universitas Indonesia.  


==

Semoga kita dapat terus menjadi 'Lilin-Lilin Kecil' (The Little Candles) dimanapun kita berada. Menerangi sekeliling kita dengan seberkas cahaya dan memberi arti dalam perjalanan hidup orang lain. 

Keep shining, even if we are little candles!


You Might Also Like

2 komentar

  1. Berkesan sekali wisuda saya kak Penny. Bisa mendengarkan suara indah kakak ditambah pengalaman seru melihat ribuan "cahaya handphone" nya :') Sukses terus kakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Hastin :)) Sukses slalu juga untukmu ya Hastin :)

      Hapus