Vocademia UI Raih Prestasi di Busan Choral Festival & Competition 2015

23.24


Vocademia UI meraih penghargaan di ajang Busan Choral Festival & Competition, yang diselenggarakan pada tanggal 14-17 Oktober 2015. Di Kategori Pop & Acapella, grup Vocademia UI berhasil meraih Gold Medal dan mengharumkan nama Indonesia. 

Tahun ini adalah tahun ke 11 penyelenggaraan Busan Choral Festival & Competition dimana terdapat 30 choirs dengan total 950 anggota dari 9 negara yang berpartisipasi didalamnya. Sejumlah program seperti Outreach Concert, Choral Workshop, Gala Concert dan Peace Concert juga mewarnai kemeriahan Festival ini. Sebagai salah satu world-class choir competition, Busan Festival telah mempertemukan berbagai negara di dunia untuk berkumpul dalam satu 'bahasa' yaitu Musik.

Kompetisi pada Busan Choral Festival & Competition 2015 terdiri dari 5 kategori: Youth, Classical Mixed, Pop/Accapella, Ethnic, dan Classical Equal. Bertindak sebagai Juri pada ajang ini:   Imant Raminsh (Canada), Jutgen Budday (German), Sang-Hoon Lee (Korea), Shin-Hwa Park (Korea), Jennifer Tham (Singapore). Pada Grand Prix Final, 17 Oktober 2015, Indonesia melalui group Vocademia UI menghadapi persaingan ketat dengan grup vocal dari Phillipine dan Korea. Lewat harmonisasi dan uniqueness yang ditampilkan oleh Vocademia UI, Indonesia berhasil meraih Gold Medal di ajang ini.

Vocademia UI merupakan grup vocal yang terdiri atas mahasiswa, alumni dan dosen dari Universitas Indonesia. Didirikan oleh Drs.A.G.Sudibyo,M.Si secara resmi tahun 2013, bersama Penny Hutabarat, MSM dan Dr. Yugo Isal. Grup vocal ini ber-akar dari festival Bintang Pop UI yang diselenggarakan setiap tahunnya. UI menemukan sejumlah talenta-talenta musik terbaik dari Bintang Pop tsb, dan kemudian mengembangkannya melalui festival dan kompetisi di tingkat nasional, maupun internasional. Vocademia UI adalah salah satu grup yang lahir dari festival Bintang Pop UI ini.

Kontingen Vocademia Universitas Indonesia yang berpartisipasi dalam 11th Busan Choral Festival & Competition, terdiri dari 18 orang, diketuai oleh Bpk.A.G.Sudibyo (Kasubdit Pengembangan dan Pemberdayaan Seni  Budaya UI), yang juga adalah Pembina Vocademia UI.

Keberhasilan Vocademia UI di Busan Choral Festival 2015, tidak terlepas dari harmonisasi dan kekompakan tim serta aransemen apik yang ditampilkan. Ronald Wilson, S.T. dan Mia Ismi Halida, S.Hum adalah alumni UI yang berperan sebagai Music Director dan Arranger dari rangkaian lagu pop yang dibawakan Vocademia UI, yakni lagu Rather Be (lagu  karya Clean Bandit) - Medley Stay With Me (lagu karya Sam Smith) dan See you Again (lagu karya Wiz Khalifa)- & Sugar (lagu karya Maroon 5)

Semoga Indonesia dapat terus mengukir prestasi dan membawa harum nama bangsa di kancah internasional.









*(sumber: Penny Hutabarat, MSM - Vocademia UI - 18 Oktober 2015)

You Might Also Like

0 komentar