BIPOP [Bintang Pop] UI

20.15


Hari ini, 30 November, saya mendapatkan reminder dari Facebook Memories :) yang membuat saya ingin menulis tentang sekilas perjalanan BIPOP (Bintang Pop) UI. Kebetulan, 26 November kemarin, baru terselenggara Grand Final BIPOP th. 2016. Festival menyanyi ini telah melahirkan cukup banyak talenta-talenta seni yang hingga kini masih terus menekuni passion nya. 


Beberapa collage foto BIPOP tahun ke tahun :)



Sekilas Perjalanan BIPOP UI



Tahun 2005, Bintang Pop atau yang dikenal dengan BIPOP, pertama kali diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Ini adalah ajang kompetisi menyanyi mahasiswa di UI. Di tahun pertama berdirinya BIPOP, saya terlibat bersama Founder Drs. A.G.Sudibyo, M.Si dan The Professor Band dalam membangun BIPOP ini. 

Prof. Sarlito Wirawan (alm) adalah salah satu penggerak BIPOP di awal berdirinya tahun 2005. Saya ingat sekali, di masa-masa saya mahasiswa saat itu, terlibat aktif dalam pengembangan BIPOP bersama rekan-rekan saya lainnya : Kahar, Ronny Pasaribu, Fransisca Kappuw dll. Ajang ini menjadi suatu wadah untuk 'menemukan' talenta-talenta menyanyi terbaik dari mahasiswa UI. Sejak sekitar tahun 2007/ 2008, BIPOP telah menjadi program rutin tahunan di bawah Direktorat Kemahasiswaan UI.  

Keikutsertaan saya dalam pendirian BIPOP tahun 2005 lalu, berawal dari aktivitas saya menjadi Solois UI sejak tahun 2002. Saya terlibat dalam beragam event UI untuk menyanyi. Di tahun 2003, saya dan Pak Dibyo mendirikan kembali Paduan Suara FISIP UI, yang beberapa tahun sebelumnya sudah vakum. Disana kami 'menemukan' banyak talenta, tak hanya di bidang tarik suara tapi juga musik. Kemudian project selanjutnya setelah itu adalah BIPOP UI di tahun 2005. 

Sejumlah mentor telah turut terlibat dalam perjalanan BIPOP, baik sebagai juri - pembimbing - pemusik : A.G.Sudibyo, Prof. Sarlito (alm), Prof. Paulus Wirutomo, Hari Wisnu Yuniarta, Yugo Isal, Bowie Djati, Marusya Nainggolan, James F Sundah, Bonar Sihombing, Tarida Hutauruk, Penny Hutabarat, Bornok Hutauruk, Bonita, Mia Ismi Halida, Ronald Wilson dan beberapa rekan lainnya. 

==

Saat ini, tahun 2016, adalah tahun ke-11 berdirinya BIPOP dan merupakan ajang yang ke-10. Beberapa tahun terakhir, para juara BIPOP juga dipersiapkan untuk berkompetisi di PEKSIMIDA (Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah) dan PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa TIngkat Nasional). Selain itu, ada sessi dimana para finalis BIPOP akan dibina oleh tim UI untuk dibentuk menjadi Vocal Group UI, yang kemudian berkompetisi di ajang nasional dan internasional. 

Beberapa tahun berturut-turut, Vocal Group UI telah meraih prestasi sebagai Juara Pertama di Tingkat Nasional. Apresiasi saya untuk tim yang membantu Pak Dibyo dalam pembinaan Vocal Group UI :  Ronald Wilson, Mia Ismi Halida, Ismunandar Ananda, A Dhany Nugraha. 
Vocal Group UI ini terdiri dari para finalis BIPOP yang disaring dan dilatih bersama untuk dipersiapkan menuju kesempatan-kesempatan selanjutnya. 

Keluarga BIPOP kini semakin banyak dan bertambah. Saya, Pak Dibyo dan rekan-rekan yang melihat perjalanan BIPOP selama 11 tahun ini merasa bersyukur dan bangga. Alumni-alumni BIPOP UI, kini telah menoreh sejumlah prestasi dan karir yang baik. Puji syukur kepada Tuhan, atas kesempatan untuk menjadi bagian dari berdirinya BIPOP ....menjadi bagian dari perjalanan dan proses 'menemukan' talenta-talenta di BIPOP, dan melihat mereka bertumbuh juga berkembang dalam talenta dan passion nya di bidang seni. 

Harapan saya yang terbaik untuk semua teman-teman BIPOP UI. 
Terus bernyanyi, terus berkarya dan tetap rendah hati!
Let your heart sing!

BIPOP 2016
(Juri : A.G.Sudibyo, Penny Hutabarat, Mia Ismi Halida.
Direktur Kemahasiswaan : Arman Nefi.
Pemenang dan Finalis BIPOP 2016)
*Selamat untuk Pemenang BIPOP 2016. Dan Semangat untuk Finalis BIPOP 2016 yang belum berhasil tahun ini. Sometimes you win, sometimes you Learn! 
Nama-nama pemenang dan finalis BIPOP dapat dilihat di https://bintangpopui.wordpress.com/


You Might Also Like

0 komentar