Stop Procrastinating! Berhenti Menunda!

00.39



Salah satu hal yang sering menjadi masalah bagi banyak orang adalah menunda (procrastinating). Sebenarnya kita tau apa yang perlu dan harus dilakukan, tapi seringkali kita menunggu untuk mengerjakannya dan malah memilih untuk menghabiskan waktu bersantai atau escaping dulu (misalnya : menonton, nongkrong dst). 

Tidak ada yang salah tentunya dengan escape sejenak karena ini juga penting untuk diri kita. Tapi yang perlu diperhatikan, bila menunda terlalu banyak dan terlalu lama...kita tidak akan menyelesaikan hal-hal penting yang seharusnya kita kerjakan. 


To think too long about doing a thing often becomes its undoing.~ 


Alasan seseorang menunda pekerjaannya, bisa jadi karena ia melihat tugas yang harus dikerjakannya cukup sulit/ cukup besar. Bila itu terjadi, stop thinking and start doing. Buat perencanaan step by step,  breakdown tugas yang besar/ banyak tersebut ke dalam point-point tugas kecil yang dapat dan akan kamu lakukan. Jangan biarkan kita terus berpikir sampai menghasilkan "perfect plan" baru mengerjakan. Plan a little and take action. 


Mari kita belajar dari video ini : Stop Procrastinating dengan 3...2...1...Trick : 



Saya sering menemukan beberapa mahasiswa yang mengerjakan tugasnya ketika sudah mepet deadline. Kadang mereka beralasan "saya baru ada ide kalau mepet-mepet mbak". Well, itu hanya alasan. Right? Ide bukan untuk ditunggu. Keinginan untuk MEMULAI adalah point yang penting. Saat kita memulai dan berupaya mengerjakan, maka sambil berjalan...proses ide dan penyempurnaan akan mengikuti.


Cara sederhana yang dapat menjadi kebiasaan positif kita dalam mengatasi procrastinating adalah buat TO-DO-List yang efektif setiap hari. Tentu banyak dari kita sudah sering melakukan ini : membuat catatan apa yang perlu dikerjakan setiap hari dan setiap minggunya. Tapi apakah cara kita menuliskan TO-DO-List cukup efektif? Bila selama ini kamu mengerjakan tugas sederhana membutuhkan waktu berjam-jam, teliti apa yang perlu diubah pada prosesnya. Sehingga bukan hanya bisa menyelesaikan tugas-tugas yang massive dan begitu banyak, tapi juga belajar mengerjakannya dengan porsi waktu yang efektif,  Yuk belajar membuat TO-DO-List yang efektif seperti video di bawah ini :




The last but not least, video terakhir ini membantu saya menyampaikan >> mengapa kita perlu mengubah kebiasan menunda. Stop Procrastinating! 
Kita perlu sama-sama belajar untuk membangun dan mengajarkan diri kita untuk lebih baik (stronger, healthier, happier, wealthier). Agar kita bisa berkontribusi pada area dan bidang yang kita tekuni, dan yang tidak kalah penting..berkontribusi untuk kebaikan-kebaikan di sekeliling kita. Simak video di bawah ini ya : 



Through discipline, we get things done. 
And small daily improvement will lead you to stunning results.


*Semoga kita bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik dan bijaksana~




You Might Also Like

0 komentar