2019: Energi dalam Membaca 60 buku dan Membagikannya lewat Aplikasi

23.50

Hari ini, 30 Desember 2019, hampir menuju penghujung terakhir di tahun ini. Sepertinya sudah beberapa bulan saya tidak menulis aktif di blog karena beberapa kegiatan lainnya yang memerlukan energi dan perhatian :). Tulisan yang saya posting di beberapa waktu lalu mengangkat tentang insight menarik yang saya peroleh dari sejumlah buku. Di tahun 2019 ini, saya bersyukur karena salah satu resolusi 'rutin' saya di setiap tahun akhirnya bisa juga terwujud..haha..yaitu membaca lebih banyak buku. 

Di setiap akhir tahun, rasanya saya tak pernah lupa memasukkan point agar setiap tahun yang baru, semakin disiplin dan tekun membaca buku. Di tahun-tahun sebelumnya, buku yang saya habis baca mungkin sekitar 5 - 10 buku per tahunnya. Sebab bacaan juga kadang beralih ke jurnal-jurnal. Namun istimewanya, khususnya bagi saya pribadi, tahun ini saya menghabiskan 60 buku. Iya serius 60 buku :) Dan itu selama sekitar 8 bulan. Hehe mungkin kalau saya melakukannya untuk mewujudkan resolusi belum tentu kelar 60 buku ya. Di tahun 2019 ini saya mendapatkan kesempatan memproduksi konten untuk suatu aplikasi buku rangkuman best seller. Aplikasi ini dikembangkan oleh anak bangsa, namanya pimtar (dot)id. 




Kebetulan saya punya koleksi buku yang cukup banyak terkumpul..karena sejak kecil saya suka membaca. Dan di masa kuliah, apalagi masa sudah kerja, buku adalah salah satu investasi yang menurut saya juga penting. Ratusan buku ini belum semuanya habis saya baca. Tapi saat melihat kembali rak buku di minggu lalu, saya mendapati bahwa sebagian besar ternyata koleksi  buku-buku itu sudah terbaca. Perlahan saya belajar untuk membaca cepat, namun juga tetap 'menandai' hal dan nilai penting dari suatu bacaan. 

Konten yang saya produksi untuk aplikasi buku tersebut adalah dari koleksi buku-buku saya, yang sebagian besar genre nya non-fiksi dengan topik seputar entrepreneurship (kewirausahaan), personal development (pengembangan diri), komunikasi dan pemasaran (public relations, marketing, branding), manajemen, leadership (kepemimpinan) dan kreativitas. 

Senang sekali bila energi yang kita tuangkan, juga bisa berdampak dan bermanfaat untuk orang lain. Energi membaca 60 buku tersebut, di tengah aktivitas pekerjaan lain tentunya, semoga bisa bermanfaat untuk mereka yang gemar membaca namun belum memiliki banyak waktu luang. Bukan promosi, hehe..tapi kamu bisa baca rangkuman buku-buku tersebut di pimtar. id. Dan jangan lupa membagikannya pada orang lain juga agar menuai manfaat. 

Terbersit dalam pikiran saya, di tahun 2020, mudah-mudahan bisa membuat channel Podcast untuk berbagi insight buku. Semoga! 

Gaining knowledge is the first step to wisdom.

Sharing it, is the first step to humanity





You Might Also Like

0 komentar