Kesempatan Itu Harus Diciptakan

23.14

Dalam hari-hari kita, pasti kita pernah secara tidak sadar "menciptakan" kesempatan-kesempatan. Entah itu yg berhubungan dengan tugas dan pekerjaan atau hubungan kita dengan orang lain. 

Beberapa minggu terakhir ini, saya kembali diingatkan oleh kata-kata motivasi ini "kesempatan harus diciptakan", baik itu dari buku yang saya baca ataupun dari seseorang yang menginspirasi. Saya sering merasakan hal ini dalam perjalanan hari-hari saya, dimana kita harus berani "menciptakan" kesempatan agar orang lain juga dapat menerima manfaat dari  potensi yang kita miliki atau bahkan sebaliknya :). 


Sebagai contoh, seorang public relations aktif mengikuti Workshop dan Seminar PR yang diadakan oleh beberapa organisasi/ komunitas. Tanpa disadari, sebenarnya ia telah berani "menciptakan" kesempatannya sendiri. Ia punya kemauan dan keberanian untuk memulai suatu kesempatan yang dapat membawanya bertemu dan mengenal banyak orang khususnya para public relations dari berbagai perusahaan yg hadir di Seminar itu, yang membuat dirinya belajar sesuatu hal yang baru lewat pengalaman dan pembelajaran yang di bagikan dalam seminar tsb. Lebih dari itu, dengan menjalin relations yg baik...peluang-peluang yang baik pun akan datang dari orang-orang di sekeliling kita.

So...create ur opportunities.

====


Kenapa kita perlu belajar 'menciptakan' kesempatan? 

Kebanyakan dari kita menunggu datangnya kesempatan yang tepat. Kita menunggu (mungkin) seseorang menawarkan kesempatan yang kita nanti-nantikan. Kita menunggu kesempatan untuk start mengerjakan sesuatu yang kita rencanakan. 

Dan apakah kesempatan tsb datang? Terkadang ya, terkadang pula tidak. Mengapa? Karena mungkin kita tak menyadari dan tak mengenali ketika kesempatan tsb datang. Atau kita tidak siap, tidak ready untuk itu. Atau mungkin pula, saat kesempatan tsb muncul..kita sudah tidak lagi tertarik (we might not be interested in it anymore). 

You wait passively for something to happen. Mengapa cita-cita dan impian mu hanya di angan-angan?  


You Can!
Seringkali bukan tentang masalah menciptakan kesempatan, tapi PEKA ...becoming aware dengan kesempatan yang ada. 
Ada di hadapan kita, tapi seringkali tak kita sadari. 
Untuk melihat dan menyadarinya, kita perlu mengubah mind set, belajar untuk memiliki right attitude dan right thinking. 


Bagaimana kita dapat belajar create opportunities dan recognize opportunities? 

1. Kita perlu mendefinisikan apa yang kita impikan dan ingin raih. Bila kita tak tahu, kita tak bisa kemana-mana. Ketika kita tau dan mengenali apa yang kita impikan dan ingin raih tsb (misal. pekerjaan), kita akan menyadari kesempatan yang ada (recognize the opprtunity). 

2. Visualisasikan cita-cita dan tujuan, seakan sedang dan sudah terwujud. Ini akan memotivasi dan meng-energize-mu untuk merealisasikannya. Ketika kita memiliki energi, motivasi, enthusiasm, kita melihat kesempatan, yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. 
Orang-orang yang kita temui akan merasakan energi dan enthusiasm kita, dan akan membantu membukakan kesempatan baru untuk kita.



When you want something very strongly, and focus on it, things start happening. There is no magic here, just plain mental and emotional laws at work (Remez Sasson) 

You Might Also Like

0 komentar