What is PASSION ?

02.59

Tentu kita sering mendengar istilah Passion. Secara harafiah, passion berarti semangat ataupun hasrat.
Passion sering dikaitkan dengan pekerjaan ataupun karir kita. Sebab pada umumnya, mereka yang menjalankan karir, profesi ataupun pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya tentu akan lebih pleasure, enjoy dan survive. Benarkah begitu?  :-) coba kita buktikan bersama.

Mari kita lihat beberapa sosok entrepreneur di Indonesia : Wahyu Aditya (Hellomotion School), Yoris Sebastian (GM Hard Rock Cafe dan Indonesian Young Marketer), dan Oscar Lawalata (Oscar Lawalata Culture). Mereka memiliki persamaan yaitu mengerjakan sesuatu yang mereka "cintai". Mungkin mereka bukan orang-orang terhebat di bidangnya, namun mereka adalah orang -orang terbaik di bidangnya karena mereka melakukan apa yang mereka sukai dan cintai.
** Yup...ini salah satu kata kunci untuk passion : Do What You Love.

Kita lihat sosok lainnya : Terry Fator (pemenang America's Got Talent) dan Susan Boyle (Pemenang Britains Got Talent). Keduanya meraih kemenangan dalam suatu ajang unjuk bakat bergengsi di luar negeri yaitu pada usia mereka yang sudah tergolong tidak muda lagi. Dalam acara Opera Winfrey, Terry Fator sang ventriloquist mengakui bahwa sebelum mengikuti ajang itu, dia hanyalah seorang janitor/ office boy namun ia selalu giat dan tekun berlatih ventriloquism selama 32 tahun hingga kemudian ia memenangkan America's Got Talent pada tahun 2007. Ventriloquism adalah keterampilan untuk berbicara nyaris tanpa membuka mulut dan menggerakkan bibir, yang biasanya diaplikasikan untuk media boneka. Jadi melakukan performance boneka panggung dengan seni suara perut.
Begitupula dengan Susan Boyle, penyanyi wanita berusia 49 tahun yang memiliki suara seriosa dengan jangkauan nada yang tinggi dan merdu, layaknya suara malaikat :). Ia hampir serupa dengan Terry Fator, bertahun-tahun berlatih hingga akhirnya meraih impian mereka.
** kata kunci yang sangat menentukan untuk passion : Kerja Keras, Tekun dan Gigih.

Bagi saya, orang yang menjalankan karier atau pekerjaan sesuai passion nya adalah mereka yang berani bermimpi dan memiliki harapan serta tujuan. Sebab tanpa mimpi, kita tidak bisa membangun imajinasi untuk mengembangkan sesuatu. Begitupula tanpa harapan dan tujuan, kita tidak akan sampai "kemana-mana" dalam petualangan hidup ini. Mari kita lihat kutipan dari "pemimpi" besar dunia ini :
- "Hope is a waking dreams" (Aristoteles)
- "All our dreams can come true - if we have courage to pursue them" (Walt Disney)
Dan terakhir, Anatole France menyampaikan keyakinannya yang bisa  merangkum kedua kutipan di atas :
"To accomplish great things, we must not only ACT, but also DREAM. Not only PLAN, but also BELIEVE".

**the last but not least  : Berani Bermimpi, Bangun Harapan dan Lakukan Tindakan

So...ketika kita mengerjakan sesuatu dengan sukacita, enjoy dan menikmatinya...mungkin kita sudah menemukan passion itu :-). Tetap tekun dan gigih dalam menjalankan passion kita, agar mimpi dan harapan yang kita yakini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat dalam hidup (ph)

You Might Also Like

0 komentar