Jejak Langkah : PPIM FE UI

19.22

Gedung PPIM FE UI (Depok). Photo taken by Penny.H.

Hari ini, saya terbawa dengan memori saat kuliah di PPIM FE UI sekitar 3 – 5 tahun yang lalu. Awalnya, saya mampir ke FE UI karena ada keperluan ke CIMB Niaga terdekat. Saat berjalan menyusuri area Pasca FE, saya pun terbawa dalam ingatan ke masa-masa menyenangkan selama kuliah di tempat ini. Begitupula masa-masa bergelut dengan puluhan atau mungkin ratusan jurnal yang harus dibaca ;p, banyaknya tugas dan saat-saat berjuang menyusun Thesis.


  • Memori di Balik Gedung Pasca FE


Tempat ini memberi memori yang membuat saya saat ini...seketika tersenyum menyusuri ruang dan lorong perkuliahan di Gedung Pasca FE UI. Tempat dimana saya dan teman-teman dulu berjalan, berdiskusi, tertawa bersama, kerja kelompok bersama. 


Taman Makara 2, FE UI. Photo taken by : Penny.H.
Ada area baru di PPIM FE UI yang dulu tidak kami temui ketika kuliah, yaitu Makara "2" FE UI :). Salah satu yang cukup identik dengan FE UI adalah Makara besar "1" dengan air mancur yang berukuran cukup besar di halaman depan FE UI dan sudah berdiri sejak lama. 
 Rasanya sudah banyak orang yang mengenal makara "1" FE tsb karena menjadi tempat favorit bagi mahasiswa baru ataupun wisudawan yang berfoto disana. 

Tapi Makara 2 FE yang saya jepret ini, baru dibangun tahun lalu di halaman belakang FE (di area gedung Pasca). Menarik karena jadi ada semacam makara kembar yang cantik dan identik dengan kampus FE ini. 



Music Corner, Mini Piqnique Cafe. Photo taken by : Penny.H.
Ada satu hal baru yang juga menarik perhatian saya. Di lantai satu gedung kelas kami di PPIM FE (Depok)....berderet beberapa tempat makan, bank, toko buku dan tempat fotocopy. Nah di salah satu tempat makan, namanya Mini Piqnique...saya menemukan ada alat musik di sudut cafe itu. Tersedia gitar dan sound sederhana dengan papan bertuliskan 'everybody can sing and play music in here'. 



Hehee..seandainya music corner disitu sudah ada dari masa saya kuliah, pasti saya dan teman-teman akan sering mampir kesana dan nge-jam iseng-iseng di sela tugas kuliah yang merajalela hehe. 




  • Terimakasih Guru-Guru Kami

Disini..saya dan teman-teman PPIM FE UI juga bertemu dengan sosok dosen yang begitu menginspirasi dan kami kagumi. Sebagian besar dari dosen di Pasca FE UI, tak hanya akademisi tetapi juga memiliki pengalaman yang mumpuni sebagai praktisi. Sehingga sharing ilmu dan pengalaman dari mereka begitu terasa, tak sekedar teori namun juga best practice-nya. 

Salah satu dosen yang saya masih ingat betul yaitu Prof. Teddy Prawitra. Beliau sudah berusia sekitar 70 thn-an. Pernah menjabat sebagai President Director Mercedes Benz. Ilmu yang beliau ajarkan dalam topik 'Relationship Marketing' cukup menginspirasi. Ada hal menarik, saat  beliau seakan “meramal” kami mahasiswa PPIM 2012 saat di sessi kelas terakhir mata kuliahnya.

MSM'2012. With Prof. Teddy Prawitra
Tepatnya...hehe...tepatnya dia bukan “meramal” tapi mengatakan ia punya intuisi karena pengalamannya sebagai leader dan pebisnis puluhan tahun.  Dimana ia sering berhadapan dengan banyak orang termasuk dalam memilih dan menentukan tim nya serta  memberikan penilaian terhadap tim/ stafnya. Di saat sessi akhir kuliah tsb, dia bertanya satu per satu ke kami di kelas. Dia bertanya "setelah lulus dari sini dan di masa depan, kalian bercita-cita ingin jadi apa?". Masing-masing menjawab singkat apa harapan dan cita-cita mereka kelak. 

Lalu tiba giliran saya. Saya pun menjawab spontan "penyanyi. Tapi kalau belum kesampean, ya jadi entrepreneur Prof" jawab saya. Lalu dia tertawa dan sedikit kaget. Teman-teman melirik saya sambil senyum-senyum hehe. Prof. teddy merespon "lho..koq capek-capek kuliah di MSM UI, cita-cita jadi penyanyi?". Saya ingat sekali, waktu itu saya jadi agak merasa malu di kelas hehe. Tapi Prof. Teddy ternyata belum selesai berbicara, dia melanjutkan kalimatnya "But anyway, dari optimisme kamu, saya yakin suatu hari kamu akan menjadi orang berhasil di bidangmu. Saya bukan peramal lho..(tertawa) tapi intuisi saya berkata begitu". Rasa malu saya pun sekejap menghilang hehe dan happy..dalam hati meng-amin-kan perkataan Prof. Teddy tsb. 

Ahh..saya ingat betul kalimat yang memotivasi itu. Bahkan sampai setibanya di rumah, saya menceritakannya dengan semangat sekali ke kedua orangtua saya. Kalimat positif yang tulus disampaikan, itu mampu memacu dan mendorong kita untuk lebih baik :). 

MSM 2012. With mr @danrem (Daniel Remberth)
Beberapa sosok pengajar lainnya di PPIM FE UI, juga memberi pengalaman yang cukup berharga untuk kami mahasiswa. Walaupun kuliah di PPIM FE hanya 2 tahun, tapi memberikan kesan dan pembelajaran yang mewarnai 'langkah; saya dan teman-teman saat itu....hingga kini. 
Beberapa nama yang juga menjadi dosen kami di PPIM FE UI dan telah berbagi ilmu serta pengalaman mereka : Dr. Nurdin Sobari, Dr. Tengku Ezni Balqiah, Dr. Ardi Widamulia, Dr. Adi Zakaria Afiff, John Daniel Rembeth, MBA, Dr. Bambang Wiharto, Dr. Ign Heruwasto, Dr. M. Gunawan Alif, Prof. Dr. Sofjan Assauri, Albert Widjaja Ph.D, Prof. I Gusti Ngurah Agung, Dr. Harry Susantio, Dr. Manerep Pasaribu, Sari Wahyuni Ph.D dan Gita Gayatri Ph.D


Terimakasih guru-guru kami. Teruslah berkarya dan menginspirasi. Selamat hari Pendidikan, 2 Mei 2015. 


#TerimakasihGuru #Mei #HariPendidikan #JejakLangkah #PPIM_FEUI

You Might Also Like

0 komentar