Content Creation

04.48

Pekerjaan di bidang komunikasi/ marketing/ public relations/ advertising tentu berhubungan banyak dengan konten. Yang dimaksud konten disini, mencakup tulisan, gambar/ image, suara/ audio dan video. Untuk menuangkan ide ke dalam sebuah konten, bukanlah hal yang mudah. Ada sisi kreativitas, ketelitian, konsistensi dan tentu juga arts. 

Mengapa content creation penting? 

it builds your brand/ company brand. Konten, khususnya online, yang dipersiapkan dan dipublikasikan secara berkala memberikan value dan impact bagi brand. Apakah itu blog post, artikel pada website, video, social media update dst. Mungkin dampaknya tidak secara langsung dirasakan saat ini. Tapi di masa depan, konten tersebut akan sangat berguna dan juga punya nilai historis.

Di tempat saya bekerja, cakupan terkait content creation ini merupakan point yang sering saya diskusikan dan share ke tim. Saya meng-highlight pentingnya content creation dalam aspek marketing communication. Bagaimana di masa mendatang, konten akan memiliki kontribusi dan value yang penting bagi sebuah perusahaan/ brand. 

Sharing experience
Sebagai contoh, sejak 2009 saya memulai untuk pembuatan majalah (in-house magazine/ company magazine). Awalnya majalah tersebut dibuat dalam bentuk cetak. Lalu tahun 2010, dikembangkan ke dalam bentuk majalah online. Majalah merupakan terbitan berkala, berisi highlight aktivitas yang sudah dan akan berlangsung, prestasi dari stakeholders, keunggulan/ keunikan sebuah karya/ produk perusahaan, dan sharing pengalaman yang dapat menginspirasi. Ini terekam dalam sebuah cerita dan catatan yang dikemas apik bagi pembaca. Konten ini memberikan kontribusi penting bagi perusahaan, apalagi bila konten tersebut tersedia dalam versi online. 

Begitupula halnya website, yang di-update secara berkala dengan konten yang memiliki news value. Hal ini akan memberikan nilai bagi perusahaan. Sebagai seorang marketer/ public relations, kita dapat mengukur efektivitas konten tersebut, melalui analytics yang juga telah tersedia (misal analytics pada web, blog, twitter, facebook dst). Melalui analytics, banyak informasi yang bisa kita dapatkan, salah satunya mempelajari consumer behavior.

Social media suatu perusahaan/ brand juga punya kontribusi terhadap perusahaan. Bagaimana konsumen memiliki awareness, loyalty, intention, knwoledge terhadap brand. Salah satunya melalui tools social media. Tentu dengan strategi yang tepat dan konsistensi dalam menyajikan konten. Pada akhirnya, konten tsb dapat menciptakan brand retention, maupun brand satisfaction. 

Content creation tak sekedar tentang membuat konten. Tapi lebih daripada itu, merancang konten yang tepat sasaran, mempersiapkan media planning dan strategi yang efektif. Konsistensi adalah hal yang penting dalam content creation. Konsisten memutakhirkan data, konsisten dengan brand positioning yang dibangun. 

Kekuatan video juga semain dirasakan. Semakin tinggi intensitas konsumen yang mencari informasi dari video dan banyak waktu yang dihabiskan dalam mengkonsumsi video. Para marketer/ public relations tentu perlu peka dengan hal ini. Video memiliki pengaruh yang cukup signifikan, apalagi bila didukung oleh viral marketing yang baik dan dengan dukungan social media  + influencer. 

Sekitar tahun 2011, saya dan tim memulai untuk pembuatan video. Dimulai dari video profile perusahaan. Yang kemudian di tahun 2015 hingga sekarang, konten video semakin bertambah seperti video profile tentang lab, video alumni, video prestasi dst. Masing-masing video yang dihadirkan ini punya targetnya tersendiri. Gaya dan style yang ditampilkan dalam video juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan target audience. Story yang disajikan juga menjadi aspek penting. 

the future of content creation
Saya yakin di beberapa tahun mendatang, kesadaran dan pemahaman perusahaan akan pentingnya content creation akan semakin tinggi. Content creation memiliki masa depan yang cukup potensial. Bayangkan saja bagaimana kita menghabiskan waktu sehari-hari, tidak terlepas dari konten yang dicari- diterima dan dibagikan. Value nya juga akan semakin diperhatikan. 

Bagi teman-teman yang bekerja di dunia komunikasi/ marketing/ public relations/ advertising, sekarang saatnya memulai membangun content bagi brand/ perusahaan dan memeliharanya. Hasilnya mungkin belum langsung dirasakan sekarang, tapi beberapa tahun ke depan. Hasil tsb bisa berupa trust, reputasi bagi brand/ perusahaan. Terus belajar dan mengimplementasikan hal-hal terkait pengembangan konten. Pada waktunya, kamu akan memahami bahwa yang kita kerjakan dan bangun saat ini memberikan nilai dan kontribusi yang penting di masa depan. 



You Might Also Like

0 komentar