PEKSIMIDA DKI Jakarta 2016

19.44

Setiap 2 tahun sekali, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) yang melibatkan seluruh universitas negeri dan swasta di Indonesia. Setiap daerah/ provinsi melakukan tahap seleksi dan mengirimkan kontingennya ke tingkat nasional. Proses seleksi di tingkat daerah/ provinsi ini, disebut Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA). 

Di tahun 2016, PEKSIMINAS akan diselenggarakan di Sulawesi Tenggara (Kendari). Lokasi penyelenggaraan PEKSIMINAS berpindah setiap 2 tahun, tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi daerah yang ditunjuk, dan meningkatkan nilai kultural.  Berbagai cabang/kategori dilombakan dalam pagelaran ini, mulai dari sastra- seni suara- lukis- komik strip-desain poster hingga fotografi. Talenta-talenta berbakat mendapatkan wadah dan ruangnya dalam kegiatan ini. 

Untuk PEKSIMIDA tingkat DKI Jakarta, saya mendapatkan kesempatan menjadi tim juri pada Kategori Solo Pop (Putra & Putri) dan Kategori Vocal Group. Kamis, 18 Agustus 2016, opening PEKSMIDA DKI Jakarta diselenggarakan, bertempat di Balairung Universitas Indonesia. Committee, Dewan Juri dan peserta dari berbagai cabanglomba hadir. Dan Kategori pertama yang dilombakan usai opening PEKSIMIDA DKI Jakarta yaitu Kategori Vocal Group. 


Opening PEKSIMIDA DKI Jakarta (Tim Dewan Juri dan Ketua BPSMI DKI)
-Penny Hutabarat, Marusya Nainggolan, Dr. Arman Nefi, Drs. A.G.Sudibyo, Bonar Sihombing dan dewan juri tangkai lomba


Peserta Vocal Group Peksimida DKI Jakarta






Dalam Kategori Vocal Group, saya bersama Marusya Nainggolan dan Bonar Sihombing berkesempatan menjadi juri. Kami senang melihat, mendengar dan merasakan bakat-bakat dari mahasiswa yang tergabung dalam kelompok vocal group tsb. Peserta Vocal Group membawakan 1 lagu wajib (terdiri dari bbrp opsi lagu daerah Sulawesi Tenggara) dan 1 lagu pilihan (terdiri dari bbrp opsi lagu pop populer). 


Sabtu, 20 Agustus 2016, PEKSIMIDA DKI Jakarta menyelenggarakan Kategori/ Cabang Pop dan Seriosa di Universitas Tarumanegara. Saya beserta Tarida Hutauruk dan Bonar Sihombing mendapatkan kesempatan untuk men-juri kategori Solo Pop Putra & Putri. 

Tarida Hutauruk, Bonar Sihombing, Penny Hutabarat (Juri Solo Pop PEKSIMIDA DKI Jakarta


Tim Juri Solo Pop dan Juri Seriosa PEKSIMIDA DKI Jakarta & Ketua BPSMI DKI (Dr. Arman Nefi)


Total peserta 22 mahasiswa (putra dan putri), membawakan lagu wajib dan pilihan. Salah satu lagu yang dibawakan dan cukup melodious adalah lagu Kau Seputih Melati (yang dipopulerkan oleh Sammy Simorangkir & Dian Pramana Poetra). Melodi lagu ini cukup kuat, apalagi dinyanyikan dengan vocal dan penghayatan yang dari hati, lagu ini bisa semakin menyentuh :). 

Selamat untuk peserta yang berhasil menuju tingkat nasional (PEKSIMINAS 2016). Dan jangan berkecil hati untuk peserta yang belum berhasil. Keep singing dan asah talenta mu. 

- "Sometimes you Win, Sometimes you LEARN (Not Fail)" 


You Might Also Like

0 komentar