Indie Music Showcase

06.04

Sabtu, 16 Desember 2017, @TalentMusicID bekerjasama dengan @Indiexist menyelenggarakan live music showcase perdananya di @talentcakeshopmenteng. 




Di episode pertama ini, kami menghadirkan Rull Darwis (singer-songwriter, indie-folk musician) sebagai special performer. Beliau sering disapa Om rull, ia membawakan karya lagu original dari album pertama dan juga lagu-lagu baru yang akan dirilisnya di album kedua. 


@RullDarwis
Selain itu, episode ini menghadirkan opening performer, Aditya Sidhi (ex-Senar Senja), yang membuka penampilan om Rull dengan ciamikk. Aditya Sidhi membawakan beberapa lagu yang familiar di telinga audience. Meskipun hari itu hujan deras merata di seluruh Jakarta, ternyata tidak menyurutkan teman-teman untuk hadir di indie music showcase ini :). Suasana terasa akrab & intimate antara audience dengan performer. Kehadiran MC, Celine, dan Aditya Sidhi juga begitu mencairkan suasana dengan guyonan mereka yang mengundang tawa audience. 
@AdityaSidhi
Rull Darwis juga berbagi tentang tour music yang dijalaninya di tahun 2017, bagaimana lika-liku seorang musisi indie dalam mewujudkan karyanya dan men-deliver karyanya itu ke telinga pendengar...baik lewat distribusi lagunya, gigs dan tour yang dijalaninya. Lagu-lagu om rull juga easy-listening, mengajak pendengar untuk ikut bernyanyi. Lirik lagu-lagunya bertema tentang teman, keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Karya lagunya seperti #LeanOnMe, terinspirasi dari rasa terimakasihnya kepada teman-teman di berbagai daerah yang membantunya tanpa pamrih saat tour keliling kota. Lalu lagu barunya #BeautifulGift, bercerita tentang anak perempuannya. Lagu #FatherSong yang ia buatkan untuk anak laki-lakinya. Dan yang tidak kalah menyentuh, lagunya berjudul #Sheilla yang bercerita tentang istrinya. 

@RullDarwis




Kita sebagai pendengar musik harus semakin mengapresiasi karya-karya dari musisi indie. Mengapa? di televisi kita seringkali mendengar lagu-lagu yang terkadang dibuat dengan motif untuk komersialisasi saja, tercermin dari lirik yang kurang edukatif dst. Sedangkan di sisi lain, banyak pekerja seni seperti musisi indie yang justru menghasilkan karya yang jujur dari hati, dengan lirik yang positif dan edukatif, namun tak ter-ekspose oleh media karena komersial bukanlah tujuan utamanya. Musisi-musisi indie memiliki ruang dalam benak pendengarnya karena berkarya bukan untuk popularitas semata, tetapi ekspresi diri lewat lirik dan melodi.  

#Indiexist dan #TalentMusicID berupaya memberikan ruang dan wadah untuk musisi indie berbagi karyanya. Yukk...kamu yang memiliki karya lagu original, follow IG @indiexist dan @talentmusicid atau email ke indiexist(at)gmail(dot)com. Ini akan menjadi komunitas untuk para musisi indie berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk memulai dan membangun perjalan musiknya. 

Fakta yang berbeda dan menarik dari Indie Music Showcase ini adalah : 
#Akustik ruangan > ruangan di @talentcakeshopmenteng dominan terbuat dari kayu. Tanpa sound system pun, suara vocal dan musik mu dapat terdengar dengan jelas dan lebih natural. Talentcakeshopmenteng menyediakan perlengkapan musik seperti piano, gitar,  bass, cajon...intinya yang berbau akustik/ unplugged.  Ngopi sambil nge-cake, dan bermusik bersama. 

#Akrab dan intimate > karena ruangan yang minimalis dan suasana yang akrab, teman-teman musisi indie yang tampil dapat terasa dekat dengan audience begitupula sebaliknya. Sehingga audience dan performer tidak merasa canggung untuk bertegur sapa dan saling ngobrol sebelum ataupun setelah mini showcase berlangsung. 


Last but not least, terimakasih untuk semua teman-teman yang sudah hadir di Episode #1. Terimakasih juga pada indie-folk musician yang kami kagumi, om Rull Darwis. Sukses selalu dan tetap berkarya!

Kawan, nantikan Episode #2 tahun 2018 mendatang :). 







You Might Also Like

0 komentar