"Ranting" Pilihan

03.53

Dalam perjalanan hari-hari kita, pastilah kita menemui banyak sekali "pilihan" hidup. Orang-orang di sekeliling sering mengungkapkannya dengan kalimat "hidup ini harus memilih". Ya..benar banyak sekali pilihan yang pasti kita temui. Jangankan pilihan-pilihan besar dalam hidup seperti memilih studi, memilih karir, atau memilih pasangan hidup. Bahkan melakukan pilihan-pilihan kecil dalam hari-hari kita pun memiliki nilai dan pengaruh yang cukup berharga. 
"Ranting" pilihan! Mengapa saya menyebutnya ranting? Sejenak saya membayangkan bahwa pilihan hidup ini seperti ranting yang melekat di batang pohon. Ada begitu banyak ranting-ranting yang kuat maupun yang lemah. Seseorang yang berusaha mencapai ke atas pohon dengan memanjat, bahkan perlu memijakkan dirinya di atas ranting-ranting yang kecil agar dapat sampai ke atas puncak pohon.

Begitupula hari-hari kita, diisi dengan "ranting-ranting" pilihan yang mengharuskan kita untuk memilih akan "memijakkan kaki" pada pilihan yang mana. Ada "ranting" pilihan yang mudah dan ada yang sulit dijejakkan, ada yang baik dan ada yang kurang baik. Kita memilih akan melalui "ranting" yang mana untuk menuju ke tujuan puncak. 

Terkadang pilihan itu terlihat sulit tapi ternyata ada kesempatan berharga dibaliknya. Atau mungkin terlihat mudah namun sebenarnya bukanlah prioritas kita. Beberapa pilihan menuju cita-cita saya terkadang datang dan pergi, ada yang saya pilih untuk mendapati kesempatan tersebut, adapula yang saya sisihkan untuk mendahului pilihan lainnya.  

Dan sebenarnya....sekali lagi...sebenarnya... diri kita pribadi tidak pernah tau apakah pilihan yang kita ambil adalah yang terbaik untuk membuka kesempatan-kesempatan lainnya bagi diri kita.
Tuhan, sang pencipta, Yang Maha Mengetahui makna dan nilai dari setiap pilihan yang kita temui. Melalui hal-hal kecil kita belajar untuk selalu meminta dan melibatkan Tuhan dalam setiap "ranting" pilihan yang akan kita jalani. "Manakah pilihan yang Tuhan kehendaki untuk kita jalani" --saya rasa itulah permohonan kerendahan hati yang dapat kita ungkapkan padaNya dalam melihat berbagai pilihan hidup. Sehingga yang terbaik yang datangnya dari Tuhan dapat terus mengalir dalam hidup kita.(ph)

You Might Also Like

0 komentar