A Good Mentor

23.17

Setelah menyelesaikan thesis saya, kembali saya merenungkan betapa berharganya mendapatkan kesempatan dibimbing oleh Mentor yang tepat. Dalam perjalanan hari-hari kita, kadang kita tidak menyadari secara langsung, bahwa ada orang-orang yang "ditempatkan" untuk mendidik, mengarahkan dan membimbing kita dengan caranya masing-masing. Mereka adalah orang-orang yang kemudian membantu membentuk kita menjadi pribadi yang rendah hati, berpengetahuan dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Saya ingin berbagi mengenai orang-orang yang pernah menjadi mentor terbaik dalam perjalanan saya, baik di tengah studi, pekerjaan maupun aktivitas di musik.


#Saat kecintaan saya akan musik kian bertumbuh, yaitu di usia 7 tahun, saya "mendapatkan" seorang guru   yang rutin mengajarkan saya bermain gitar dan dengan tulus mengiringi saya bernyanyi hingga saya duduk di bangku SMA. Dia adalah seorang musisi sederhana yang tetap terus bermusik hingga saat ini, namanya Pieter Ulahayanan. Ia memang tidak mengajarkan dengan metode seorang guru musik di sekolah-sekolah musik karena dia pun belajar dari pengalaman (otodidak). Tapi melalui proses, saya belajar sesuatu dari kesederhanaannya untuk bermusik dan caranya mengartikulasikan musik itu sendiri.

#Beranjak remaja, berbagai festival/ kompetisi  menyanyi saya ikuti dan  bersyukur saya mendapatkan banyak pengalaman untuk take vocal serta kesempatan bertemu beberapa musisi. Dari pengalaman ini, dua orang mentor yang menginspirasi dan tak henti membimbing saya yaitu James F Sundah dan Yonas Pareira. Saya memanggil mereka dengan sapaan om James dan om Yonas. Berawal dari festival menyanyi, saya mengenal dua musisi legendaris ini. Om Yonas Pareira adalah seorang pencipta lagu yang aktif menjadi juri dalam festival musik di Indonesia. Dia "datang" dalam perjalanan bermusik saya,  dengan ketulusan dan semangatnya untuk membimbing saya. Hal yang paling saya ingat adalah bagaimana dia mengajarkan saya meng-interpretasikan suatu lagu dan memaknai kata-kata lagu yang saya bawakan agar menjadi "hidup" dan menjadi berkat bagi yang mendengarkan.
With my mentor, James F Sundah
Kemudian talenta bermusik saya semakin banyak ditempa saat bertemu James F Sundah. Beliau adalah pribadi yang tidak banyak berbicara tetapi melalui sikap dan caranya, kerendahatan hatinya dan kesempatan yang ia bagikan....saya belajar banyak hal tentang dunia musik. Ia tidak mengajarkan saya teknik ataupun metode. Tapi dalam setiap kesempatan take vocal, ia memotivasi, membagikan pengetahuan dan insight, serta mengarahkan saya dengan sabar untuk menyanyi secara natural dari hati. 








With my mentor A.G.Sudibyo (the conductor)
#Di awal studi saya di UI, tidak pernah terlupakan bahwa kampus ini tidak hanya menjadi tempat saya belajar dan bertumbuh tetapi sekaligus menjadi tempat untuk mengembangkan passion bermusik.  Saya mengenal sosok Bpk. A.G Sudibyo ketika memasuki dunia kuliah di UI pada tahun 2002, beliau seorang conductor yang lebih dari 25 tahun membina musik di UI. 

Menurut saya ia adalah mentor yang baik dan tepat. Caranya menghargai dan mengapresiasi orang lain serta kemampuannya dalam menangani berbagai event merupakan role model yang positif untuk banyak mahasiswa di UI. Beliau juga menjadi sounding board yang memberikan sejumlah inspirasi.





With my mentor : Dr. Gita Gayatri, Dr. Adi Zakaria Afiff
#Pada akhir masa studi saya di Pascasarjana FE UI, saya "mendapatkan" dosen pembimbing yang credible. Seorang mentor yang baik, yaitu Ibu Gita Gayatri, Ph.D. Sebelum memulai thesis, saya belum pernah bertemu beliau ataupun diajarkan oleh beliau di kelas. Barulah ketika semester akhir dan penyusunan thesis akan dimulai, saya diarahkan Bpk. Adi Zakaria Afif (Ketua Program) untuk dibimbing oleh Bu Gita. 

Ternyata beliau adalah pribadi yang menyenangkan, apa adanya dan cerdas luar biasa tentunya. Melalui setiap kesempatan bimbingan, saya mendapatkan arahan dan masukan yang jelas dan detail dari beliau. 

Tapi yang menarik, ia memberikan kebebasan dan kepercayaan pada saya untuk meng-eksplorasi dan bereksperimen dengan masukannya itu. Beliau memberikan feedback yang sangat membantu namun tetap memotivasi saya untuk berusaha dalam proses penyusunan thesis tersebut.

A Good Mentor adalah pribadi-pribadi yang hadir dalam perjalanan hidup kita dan meninggalkan jejak yang menginspirasi kita. Seorang good mentor tidak harus mampu menjawab semua pertanyaan dan keinginan kita, tetapi melalui ketulusan dan keterbatasannya mereka memberikan teladan yang "membentuk" kita. Good mentor tak kan ragu membagikan ilmu dan pengalamannya. Kepekaan mereka untuk mendengar, membimbing, peduli serta menghargai murid didikannya itulah yang membuat mereka BERBEDA.

Saya yakin bahwa setiap kita juga dapat menjadi Good Mentor dalam bidang tertentu bagi orang-orang di sekeliling kita.  Good Mentor memiliki caranya masing-masing, tapi yang pasti good mentor haruslah menjadi positive role model untuk orang-orang yang dibimbingnya.
Bersyukur untuk setiap mentor yang telah "dikirimkan" untuk membentuk pribadi kita. Dan saya berharap kita tidak berhenti untuk mendapatkan dan menemukan a good mentor lainnya yang menginspirasi dan memotivasi  di hari-hari mendatang. (ph)

You Might Also Like

0 komentar