"Vocademia" at a Glance

02.30



“Music is the literature of the heart!” . Saya selalu meyakini bahwa musik adalah literature dan bahasa hati yang mampu “berbicara” secara universal. Musik mampu menyuarakan isi hati dan mencerminkan nilai bahkan budaya. Kesempatan untuk melihat, mengenal dan merasakan talenta-talenta dalam bermusik adalah hal yang patut disyukuri dengan kerendahan hati.

Tepat pada tanggal 26 Mei  2013, Vocademia (Vocalista Acedemia) diresmikan. Vocademia adalah group vocal yang terdiri dari mahasiswa/alumni/dosen Universitas Indonesia (UI), yang berada di bawah bimbingan Drs. A.G. Sudibyo, M.Si  selaku Director of Vocademia.  Project pertama dari Vocademia adalah Misi seni budaya Indonesia ke Hungaria. Anggota Vocademia adalah talenta-talenta musik yang telah melalui proses seleksi dan pengembangan minat dan bakat. Diantaranya merupakan solois dan pianis/musisi UI serta anggota Bintang Pop UI terpilih. 

Sekilas flashback, nama Vocalista Academia (Vocademia) sebenarnya telah muncul dalam ide sejak lama. Saya tidak ingat pasti, mungkin sekitar 7 atau 8 tahun lalu dalam berbagai perbincangan, A.G.Sudibyo meng-inisiasi dan mendiskusikan nama serta rancangan Vocademia ini pada beberapa kesempatan. Sejak Bintang Pop UI terbentuk di tahun 2005, kami melihat bahwa UI memiliki talenta-talenta yang mengagumkan, khususnya dalam dunia tarik suara. Beberapa solois, group vocal berhasil terbentuk dari ajang Bintang Pop UI. Begitupula anggota Vocademia, sebagian diantaranya adalah penyanyi solo dan group vocal yang dipertemukan melalui Bintang Pop UI.

Wish Accomplished! Membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengumpulkan dan menemukan talenta-talenta yang memiliki passion dalam musik dan yang dengan kerinduan mengartikulasikan musik dengan tekad yang besar. Vocademia yang kini terbentuk, mengusung seni dan budaya Indonesia sebagai core dari sajian musik yang ditampilkan. Sebelumnya, unsur-unsur lagu daerah/ tradisional Indonesia telah terus disuarakan oleh Vocal Group UI yang juga menjadi bagian dari Vocademia. Lagu-lagu daerah dikemas dalam aransemen yang indah, elegan dan entertaining. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Vocademia, salah satunya telah mendapatkan apresiasi dan sambutan positif dari masyarakat Hungaria dalam Misi Budaya Indonesia pada 3-12 Juni lalu.   

Vocademia akan membawa misi budaya Indonesia ke beberapa tempat berikutnya. Keep dreaming....keep doing.. :)





(Tim Vocademia dalam Misi budaya ke Hungaria : A.G.Sudibyo, Yugo Isal, Penny Hutabarat, Melyna Purba, Ronald Wilson, Mia Ismi Halida, Sri Muji Rakhmawati, Rama Dwiyana Putera, Ismunandar Ananda, Jessica Jane, Melyssa Indah Pasaribu, Zaky Tifano, Zainun Najib, Muhammad Pahlevi Zahrie).

You Might Also Like

0 komentar