Cuplikan buku : "Belajar dari Jeff Bezos (Amazon.com)"

22.18

Tentu kita kenal Amazon.com, e-commerce  terbesar di dunia. Majalah Time menyebut pendirinya yaitu Jeff Bezos sebagai ‘Raja Perdagangan Virtual’. Jeff Bezos juga dikenal sebagai orang yang memiliki karakter dan sikap yang kuat dalam membangun harapan dan mimpinya. 
Berikut ini, saya ingin berbagi tentang inspirasi yang saya dapatkan pada buku : “Dari Garasi, Jeff Bezos mendirikan Amazon.com”. Saya akan membaginya ke dalam 4 sub sesuai insight yang saya dapatkan dari membaca buku ini : (1. Belajar Dari Jeff Bezos-Amazon.com ; 2. Temukan Passion dan Lihat Peluang;  3. "Tumbuh Besar dengan Cepat"  4. Bekerja Keras, Bersenang-senang dan Membuat Sejarah). 
Now..kita kenali dan pelajari nilai-nilai yang bisa kita gali dari seorang Jeff Bezos :)
Jeffrey Preston Bezos yang dikenal dengan Jeff Bezos, lahir di Albuquerque- New Mexico (12 Januari 1964). Sejak kecil, orangtua dan gurunya mengakui bahwa Bezos adalah orang yang tekun dan berkonsentrasi dengan apa yang dikerjakannya. Misalnya saat ia menginginkan memiliki mainan berupa box kubus dari ibunya, tapi ibunya menolak karena mainan itu begitu mahal. Namun Bezos mengumpulkan semua peralatan yang dibutuhkan dan membuat box kubus-nya sendiri. Di masa kecilnya, ia juga fokus dan bila terkonsentrasi pada satu aktivitas akan sulit berpindah ke aktivitas lainnya sebelum selesai dikerjakan. Di masa kecilnya, ia terbiasa dididik mandiri dan berani membuat keputusan sendiri. 
Ia menjadi pelajar berprestasi dan berhasil masuk ke Princeton University, di program fisika bergengsi dan merupakan salah satu dari 25 siswa terhebat. Namun di pertengahan studinya, Bezos memutuskan pindah jurusan karena menyadari bahwa di jurusan Fisika yang telah ia jalani, ia menghadapi orang-orang jenius tulen yang menurut Bezos..masing-masing mereka otaknya “tersambung” secara berbeda. Sehingga ia memutuskan untuk meninggalkan kuliah sebelumnya dan mengikuti ketertarikannya untuk belajar ilmu komputer dan teknik elektro. Lulus dengan predikat summa cum laude, Bezos telah memiliki pengalaman bekerja selama duduk di bangku kuliah. Ia mengikuti internship di beberapa perusahaan besar seperti IBM. Bahkan ketika lulus, ia telah direkrut oleh 3 perusahaan besar (Andersen Consulting, Intel dan Bell Laboratories). Namun ia menolak tawaran itu dan mencari-cari tawaran pekerjaan lain sambil berusaha mendirikan perusahaannya sendiri. 
Bezos muda memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan, yang membidangi jejaring komputer, financial, bisnis keuangan internasional. Ia juga beberapa kali dipromosikan di tempatnya bekerja karena sikap kerjanya yang luar biasa dan inovatif. Jeff Bezos selalu melihat cara yang berbeda dan lebih baik dalam melakukan sesuatu. Hingga pada suatu titik dalam karirnya, ia semakin menemukan passion dan ketertarikannya pada internet serta melihat adanya peluang bisnis internet baru. Ia memikirkan hal yang dapat dijual di internet. 







 ** artikel terkait : 

Resensi dan ulasan singkat buku oleh Penny Hutabarat

You Might Also Like

0 komentar