Tumbuh Besar dengan Cepat

22.00


Ciri unik yang diawali oleh  Amazon.com adalah menyimpan data tentang buku yang pernah dibeli, merekomendasikan buku serupa yang terkait, mengundang pelanggan untuk menyampaikan resensi buku dan kemudian menampilkannya pada situs web. Suasana yang dibangun oleh Jeff juga seperti forum atau perkumpulan, yang tak hanya sekedar toko jual beli. Sistem dan pola seperti ini kemudian banyak dicontoh dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan perdangan onlne (e-commerce) pada saat ini.

 Motto yang ditumbuhkan Jeff bagi dirinya dan karyawannya adalah “Tumbuh Besar dengan Cepat”. Ketika perusahaannya kian berkembang, ia mencari dan mempekerjakan orang-orang yang kuat, pekerja keras dan cerdas. Jeff melakukan sendiri rekrutmen karyawannya dan dia menginginkan agar karyawan yang ia terima juga memiliki rasa percaya diri bahwa mereka pun dapat merekrut orang hebat lainnya. Menurut Jeff Itulah sebabnya, tidak hanya skill dan kecerdasan, Jeff juga mencari orang-orang yang memiliki bakat di luar pekerjaan seperti karyawan yang memiliki hobbi olahraga, musik dan lainnya.

Kian berkembang, publikasi media mengenai Amazon.com yang saat itu merupakan bisnis e-commerce buku pertama pun kian mencuat. Namun Jeff juga menghadapi banyak tantangan dan rintangan. Ia pernah menerima klaim dan tuntutan dari toko Buku Barnes and Noble. Namun Jeff dapat menghadapinya. Ia mematenkan sistem yang telah dibangunnya, salah satunya yang paling berharga yaitu teknologi “1-Click” Amazon.com

Jeff mengembangkan usahanya dengan melakukan diversifikasi dari buku, yaitu CD musik. Setelah mulai menjual CD Musik dan kian berkembang, ia memiliki ide untuk menambahkan lebih banyak item dan “warna” bagi Amazon.com. Salah satunya misalnya ide Jeff yang dianggap aneh oleh karyawannya namun tetap ia yakini sebagai sesuatu yang menarik pelanggan yaitu : memberikan peringkat bagi item-item yang dijualnya.
Tidak sampai disitu, Jeff mengembangkan bisnisnya dengan melakukan ekspansi ke Eropa.




** artikel terkait :

Resensi dan ulasan singkat buku oleh Penny Hutabarat

You Might Also Like

0 komentar