Passion to Write

01.09

Saya menemukan diri saya memiliki passion dalam menulis, tepatnya pada 5 tahun belakangan ini. Walaupun sebenarnya sejak kecil saya sudah senang menulis, tetapi keseriusan untuk mencintai dunia menulis itu kian muncul akhir-akhir ini. 

Menuliskan apa yang saya lihat, baca dan dengar atau yang saya perhatikan dari sekeliling. Itu adalah kebiasaan menyenangkan yang saya geluti dari kecil. Sejak SD, kemanapun pergi saya selalu membawa buku (organizer) kecil dan pulpen untuk menuliskan apa yang saya rasakan dan yang "menggugah" hati saya untuk menuliskannya. 
Di bangku sekolah hingga saat kuliah, buku catatan saya seringkali menjadi acuan bagi teman-teman sekelas untuk belajar...:) mendekati masa ujian, mereka akan meng-copy catatan dari tulisan tangan saya itu. Hehee..rasanya menyenangkan dan bersyukur apabila yang kita lakukan dengan hati senang juga bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Mungkin itu salah satu alasan saya juga memilih jurusan komunikasi karena saya senang menulis. Untuk materi belajar di sekolah atau kuliah, biasanya saya menuliskan materi tersebut 2 (dua) kali. Yang pertama adalah catatan dari hasil apa yang saya dengar di kelas, dan yang kedua adalah rangkuman catatan dengan bahasa saya sendiri yang disertai gambar atau mind maps untuk mudah memahaminya. Sedangkan tulisan-tulisan yang sifatnya sharing tentang pengalaman, event atau personal development biasanya mengalir dari pikiran dan langsung saya tuliskan bila waktu pun memungkinkan :)

Keyakinan untuk menulis ini semakin tinggi ketika saya mulai belajar menulis lagu (song-writing) dari tahun 2008. Lagu yang saya tulis dan ciptakan melodinya itu kemudian pernah saya ikutsertakan dalam Indonesian Song Festival. I'm so glad karena saat itu lagu saya masuk dalam 12 besar sebagai finalis dari seleksi hampir 5000 karya lagu. Sejak saat itu, saya semakin yakin dan semakin giat untuk menulis lagu. 

Pekerjaan saya kebetulan juga menuntut kemampuan untuk menulis, yaitu menyusun Press Release, artikel untuk website kantor, inhouse magazine dan beberapa media publikasi lainnya yang dipergunakan oleh institusi tempat saya bekerja. Beberapa tulisan artikel saya di posting di majalah Bitmagz dan website CS. Sebagian dari artikel pada majalah dan web tersebut juga ada yang merupakan tulisan dari rekan-rekan dan tim di divisi saya. 
  
Yang saya dapatkan dari menulis adalah kebahagiaan ketika bisa menuangkan apa yang kita pikirkan dan rasakan  serta membaginya (sharing) dengan orang lain. Itulah value penting yang saya yakini dari hobbi maupun passion menulis. Selain itu, dalam menulis kita tidak akan pernah berhenti belajar..akan selalu ada hal-hal baru yang kita temukan dan kita kembangkan. 

Semoga passion untuk menulis ini bisa bermanfaat untuk orang lain. "Write because you love to write". Jangan pernah takut salah dengan tulisan yang kita tuangkan, pelajaran terbaik akan muncul dari sana. Biarkan pikiran kita menyuarakan imajinasinya, dan tangan kita menuliskan keindahan yang mengalir dari hati. 

"If you love writing, if you want to write, the rest will fall into place (Matt Cheuvront)"

 



You Might Also Like

0 komentar