Bitmagz

01.39

"Your actions will inspire others to dream more, learn more and do more".  Ya, inspirasi dapat datang dari mana saja....dari tulisan, gambar, kata-kata bahkan tindakan seseorang. Dan tidak jarang, pekerjaan baik dan tulus yang dilakukan akan menginspirasi orang lain untuk terus belajar, berkarya dan meraih impiannya. 


Sejak tahun 2009, saya memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari Tim Redaksi BITMAGZ. Sebuah majalah yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI). Majalah ini berisi kisah inspiratif dari anak bangsa tentang sepak terjang  mereka dalam mengembangkan bidang teknologi informasi dan ilmu komputer. Tak hanya peneliti senior dan entreprenuer ternama, tapi juga para inovator muda yang menginspirasi..kami hadirkan dalam artikel di majalah ini. Sejumlah kegiatan workshop, seminar, conference bidang IT yang berkesinambungan diselenggarakan Fasilkom UI...juga disajikan dalam setiap edisi Bitmagz. 

Akhir tahun 2015, tim redaksi telah menerbitkan edisi Bitmagz yang ke-16 dengan tajuk "Saatnya Berkarya dan Berkontribusi Bagi Negeri". Kami mengulas kisah inspiratif dari seorang inovator, Dr. Wisnu Jatmiko, yang melakukan penelitian di berbagai bidang seperti teleHealth, robotika dan sistem pengaturan lalu lintas. Di penghujung 2015 lalu, beliau meraih Habibie Awards atas inovasi dan konsistensinya di bidang yang digeluti. Ini salah satu kisah dari sejumlah tulisan inspiratif lainnya dalam Bitmagz. 

Kilas Balik Bitmagz 
Di edisi ke-16 ini, saya dan tim redaksi Bitmagz merasa senang dan bersyukur...karena kami tetap dapat konsisten menulis. menyajikan dan menerbitkan Bitmagz selama beberapa tahun ini. Di awal ketika ide 'Bitmagz' ini muncul tahun 2009, saya ingat sekali..harapan kami saat itu adalah membuat sebuah inhouse magazine yang mengangkat berita-berita positif dan dapat menginspirasi pembaca. Ya, sebuah tulisan yang dapat mendorong pembaca untuk "yukk..kita terus belajar..menjadi creators...jangan hanya menjadi penonton...waktunya berkarya".

Dan di tahun-tahun berikutnya, Bitmagz tak hanya menjadi inhouse magazine tapi juga kami distribusikan ke unit lainnya di luar civitas akademika Fasilkom UI yaitu ke sekolah-sekolah dan partner institusi lainnya. 

Bitmagz juga telah hadir dalam format online sejak th. 2010/2011, sehingga dapat menjangkau semakin banyak pembaca. Versi online tersedia di : www.bitmagz.cs.ui.ac.id

 Pertama kali menginisiasi pembuatan majalah ini, saya melibatkan seorang mahasiswa yang jago design bernama Muhammad Iqbal (saat ini sudah alumni :)). Saat itu saya mencari nama yang pas untuk majalah edisi pertama yang akan kami terbitkan, dan Iqbal mengusulkan nama BITMAGZ....yang berasal dari kata BIT (Binary Digit) dan Magz (Magazine). Binary digit adalah istilah yang dekat dengan ilmu komputer :  the smallest unit of data in a computer. Dan kata 'BIT' ...tentu mudah diingat! :)

Harapan ke Depan Bitmagz
Harapan sederhana yaitu agar tim redaksi dapat terus konsisten menulis dan menyajikan berita-berita positif yang menginspirasi. 
Karena tantangan dalam menyusun dan menerbitkan majalah adalah kemauan dan ketekunan dalam menulis, mengolah konten dan men-designnya untuk layak publish. 

Trimakasih buat semua teman-teman yang pernah menjadi kontributor dan bagian dari tim redaksi Bitmagz di setiap edisinya! :) 

Be inspired! 







If you Wait for inspiration to Write, you're not a Writer. you are a Waiter. So keep Writing! - Dan Poynter


You Might Also Like

0 komentar