Travel Diary : Insadong #Seoul

01.18

Korea punya sejumlah tempat wisata yang menarik dan memukau. Dan ada satu tempat yang menjadi favorit saya, yang ingin saya kunjungi lagi dan lagi..bila mendapatkan kesempatan berkunjung ke Seoul. Tempat ini akan saya rekomendasikan pada mereka yang berencana wisata ke Seoul. 

  

Arts & Crafts Center of Seoul


Insadong street sebenarnya area yang sederhana, di kanan kiri berjejer toko-toko yang menjual souvenir khas korea. Tapi ada yang berbeda di tempat ini yakni atmosfir nya. Terasa lebih calm, tidak hiruk-pikuk. Lebih menampilkan sisi art nya. 
Cukup banyak art gallery disini dan  barang-barang yang dijual sebagian besar adalah kerajinan tangan (traditional and handmade craft). 































Cozy and calm 

Karena atmosfir nya, yang menurut saya terasa 'hangat' dan 'tenang' di Insadong...membuat saya bisa betah di tempat ini berjam-jam :). Apalagi untuk kamu yang suka duduk santai sambil menikmati secangkir kopi/ teh di coffee shop, ngobrol santai lalu menulis dan termenung hehe...ini tempat yang pas betul :).  Yang pasti, tempat ini tidak seperti shopping area yang penuh dengan brand-brand setiap kali memandang (layaknya Myeongdong) ;)


Starbucks bertuliskan Hangul


photo by : Yugo Isal


Insadong memang dikenal agak lebih mahal menjual barang-barang souvenir apalagi yang kerajinan tangan. Tapi kalau kita perhatikan, barangnya memang unik dan gak seperti kebanyakan dijual di tempat lainnya di Seoul. Oia kalau mencari traditional teas (teh tradisional korea), disini tempatnya.  Ada juga lho toko yang menjual dengan harga murah di Insadong ini, sebuah toko tas yang semua item dijual dengan harga 10,000 Won (atau berkisar 100,000 rupiah). Model dan bahan tas nya juga bagus.  Mungkin toko online di Indonesia banyak yang beli disana, lalu dijual lagi di Indo dengan harga lebih mahal kali ya hehee. 


The Heart of Seoul


Di Insadong, ada satu icon berupa patung besar saat kita memasuki area ini. Namanya Draw a Stroke - giant brush . Sebuah karya seni dari Yoon-Yeoung Seok. Yang katanya melambangkan Insadong sebagai jantungnya kota Seoul. 


Draw a Stroke - giant brush by Yoon Young Seok symobilising Insadong, the heart of Seoul , South Korea



Music


Saat saya mengunjungi Seoul di tahun 2013, saya jalan-jalan ke Insadong 2 kali..betah menghabiskan beberapa jam di tempat ini. Lalu di tahun 2015, berkesempatan mengunjungi Insadong lagi. Di kunjungan saya pertama ke Insadong, saya melihat ada pertunjukan menarik dari seorang seniman korea....ia bernyanyi di dekat giant brush, membawakan lagu-lagu Coldplay dengan piano mini nya :). Pertunjukan sederhana yang menarik...pengamen yang berkelas hehe. 









Ssamziegil

Ada satu spot di Insadong, namanya Ssamziegil...arsitekturnya menarik dan ada mural painting di dinding setiap lantainya. Dan di lantai paling atas kita bisa menemui hanging love note semacam gembok cinta di Namsan Tower :). 
Di lantai lainnya, kita bisa menggunakan Hanbok (baju tradisional korea) dan berfoto disana. 





arah masuk Ssamziegil







Hanging love notes di Ssamziegil





Jajanan khas Korea juga bisa kita temui di tempat ini. Bila kita ingin explore tempat makan disini, sebenarnya ada beberapa tempat makan yang asyik juga. Di tahun 2013, saya bersama teman dan ibu saya makan di satu restoran kecil yang menjual khusus pangsit dengan berbagai isi...waduh ini enak banget harganya juga gak terlalu mahal...saya lupa nama restoran ini, tapi letaknya di gang/ jalan kecil di area Insadong. 




Hotteok - popular street snack in Insadong


Insadong area at Night

Photo by : Yugo Isal

Photo by : Yugo Isal



Photo by : Yugo Isal

Photo by : Yugo Isal



















Jadi, kapanpun kamu akan ke Seoul....jangan lewatkan untuk mampir di Insadong :) 

 it's beautiful and a great place to wander through and just look.



 [Dokumentasi foto : penny hutabarat, yugo isal]


Artikel terkait : 

Travel Diary - Myeongdong  #Seoul

Travel Diary - Dongdaemun  #Seoul

You Might Also Like

0 komentar