Travel Diary : Busan #SouthKorea

03.07




Oktober 2015, saya bersama tim Vocademia UI berkesempatan mengunjungi Busan (Korea) dalam rangka kompetisi menyanyi 'Busan Choral Festival and Competition 2015' (BCFC 2015). Perjalanan selama di Busan banyak diisi dengan sessi latihan, konser dan kompetisi. Dan di setiap ada kesempatan, kami tetap berkeliling mengunjungi tempat-tempat terbaik di Busan. 

Menurut saya dan teman-teman, Busan adalah kota yang cantik, romantis, sangat indah dan identik dengan seni (art). Untuk itu, di tulisan kali ini...saya akan berbagi tentang beberapa tempat dan moment menarik selama di Busan. Dan tentang catatan perjalanan kemenangan Vocademia UI di BCFC 2015, ada disini.  


Busan dikenal sebagai kota yang memiliki pelabuhan terbesar di Korea Selatan dan kota kedua terbesar di Kor-Sel.



Perjalanan menuju Busan

Dengan Asiana Airlines, kami berangkat dari Jakarta ke Seoul. Transit di Incheon Airport dan menuju Gimpo Airport. Dari Gimpo, lanjut menuju Gimhae Airport di Busan. 

Tiba di Busan, panitia BCFC 2015 sudah menyambut dan menjemput kami menuju tempat penginapan. 





Penginapan di Busan, Korea 

Beruntung sekali kami disediakan penginapan oleh panitia, di hotel yang letaknya menghadap ke arah Haeundae Beach. Salah satu pantai yang sangat indah di Korea Selatan. Hotel tempat kami menginap adalah Hotel Ciel De Mierre

Perjalanan kami menjadi lengkap karena kehadiran seorang interpreter yang baik hati, bernama Dhika. Ia adalah anak Indonesia yang sedang menjalani kuliah di Busan dan terlibat sebagai panitia di BCFC 2015. Ia dengan gesit dan cekatan membantu mengatur jadwal kami selama di Busan. 

Lokasi hotel Ciel De Mierre ini strategis sekali. Hanya dengan menyeberang dan berjalan sedikit, kita akan langsung menemui pemandangan indah yang ditawarkan Haeundae Beach. Di sisi kanan dan kiri pantai, kita dapat menyaksikan bangunan-bangunan yang tertata apik. Khususnya di waktu sunset, lampu-lampu yang menyala dari bangunan-bangunan itu melengkapi cantiknya busan di temaram menjelang malam hari.


Haeundae Beach
Sunset at Haeundae Beach
Haeundae Beach at Night



Selain di waktu sunset, kamu juga perlu mampir dan berkeliling ke pantai ini di saat sunrise. Udaranya segar. Banyak penduduk korea yang jalan pagi, duduk santai atau sekedar membawa hewan peliharaannya berkeliling. 
Haeundae Beach in the Morning
Haeundae Beach - nice place for the morning stroll

Walking down Haeundae Beach on a quiet morning



Tempat makan juga banyak kita temui di area ini. Jadi memang lokasi kami menginap ini pas sekali. Tinggal berjalan kaki sambil menyusuri pinggiran pantai, kita akan bisa menembus ke jalan besar dan mencari tempat makan atau sekedar nongkrong cantik :). 





















@ Haeundae Market

@ Haeundae Market

= = = =


Inilah beberapa tempat menarik di Busan, Korea :


  • Busan Tower (Yongdusan Park)

Seperti halnya N Seoul Tower, Busan juga memiliki tempat wisata di atas ketinggian. Berada 69 meter di atas laut, dengan ketinggian 120m. Kami menghabiskan beberapa jam di tempat ini, duduk santai menikmati indahnya kumpulan burung-burung yang terbang dan hinggap di halaman Busan Tower ini. 







Menuju Busan Tower








Konsepnya agak mirip dengan N Seoul Tower. Kita bisa menemui gembok cinta (love padlock) di area sepanjang Busan Tower dan terdapat World Musical Instruments Museum. Sayangnya kami tak sempat masuk ke dalam museum ini :).








Shinsegae Department Store
Menurut Guinness Book of Record, katanya mall ini adalah the largest department store in Asia :) Memang luas banget ya, kami saja hanya sanggup berkeliling di sebagian areanya hehe. 




Inside of Shinsegae













Busan Cinema Center


Tempat ini dikenal sebagai official venue dari Busan International Film Festival 




Lokasi ini adalah tempat diselenggarakan Busan International Film Festival






Gwangandaegyo Bridge










Art Sohyang

Art Sohyang memiliki Music Theatre dengan akustik ruangan yang sangat bagus. Tempat ini menjadi salah satu lokasi diselenggarakannya Busan Choral Festival & Competition (BCFC) yang kami ikuti pada tahun 2015 lalu. 







Busan Cultural Center


Grand Final Busan Choral Festival & Competition (BCFC) 2015 diselenggarakan di tempat ini. Wow..tempatnya indah sekali dan disini berjejer beberapa gedung/ theater seni yang kualitas yang sangat baik. Seandainya Indonesia punya hall music atau music theatre seperti di Busan ini, pasti luar biasa. 




Inside Busan Cultural Center
Voces8 dari Inggris menjadi guest star dalam Grand Final BCFC 2015. Their voices are stunning!
Vocademia UI - Rehearsal time (before competition) at Busan Cultural Center



Usai Grand Final, seluruh peserta BCFC 2015 dari berbagai negara menyanyikan lagu perjuangan Korea dalam Bahasa Inggris. Diadakan di halaman area Busan Cultural Center. 
tampak depan Busan Cultural Center

Outside Busan Cultural Center





























You Might Also Like

0 komentar