St.Stephen’s Basilicca

23.41



Ini dia satu tempat yang tidak kalah indahnya. Dari begitu banyak lokasi mengagumkan di Budapest, St. Basilicca adalah favorit saya. St.Stephen’s Basilicca is Budapest’s largest church. It dedicated to St. Stephen (the 1st christian king of Hungary). Bangunan Basilicca Budapest bergaya classic dan lebih pada sentuhan Neo-Renaissance. 





 Wisata ke dalam St. Basilicca di bagi dua arah yakni : 1) menuju ke tower atas dari bangunan St. Basilicca yang tingginya mencapai 96 meter (sama dengan tinggi Parliament Building Budapest). Pengunjung dapat memilih berjalan menaiki 302 anak tangga atau menggunakan elevator. 

Sebagian besar pengunjung memilih berjalan menaiki tangga karena dapat lebih menikmati pemandangan kota Budapest dari teras yang mengitari kubah gedung ini.

Di tower atas dari St. Basilicca....fiuhh remarkable :) Terlihat jelas pemandangan kota budapest dari atas ketinggian St. Basilicca ini. Di sebelah saya, berdiri menara lonceng dari St. Basilicca. 











Arah yang ke 2) menuju masuk ke dalam gereja. The inside of Basilicca is Stunning!! Lukisan dan ukiran pada marmer di dalam ruangan Basilicca ini memberikan sentuhan yang begitu indah. Bisa dipastikan di setiap sudut inside of Basilicca akan menggugah kita  “Wow-ing” :) .Di dalam gereja Basilicca, saya menyempatkan diri untuk hening sejenak, duduk dan berdoa. Sangat bersyukur untuk segala berkat dan penyertaan Tuhan. Beberapa permohonan dalam doa juga saya sampaikan saat duduk menghadap altar St. Basilicca. 
Golden Dome of St. Stephen's basilicca

Altar of St. Stephen's Basilicca


Usai perjalanan menyusuri setiap bagian Basilicca, kami bersantai sejenak di salah satu restaurant ice cream di luar tempat ini. Yang membuat Basilicca juga menarik sebagai tujuan wisata adalah di sekeliling area Basilicca, banyak restaurant/ coffee shop dimana turis-turis bisa  duduk bersantai dan memandang St. Basilicca dari luar. 



Satu hal yang berkesan dan masih saya ingat adalah tulisan di puncak pintu depan St. Basilicca : “EGO SUM VIA VERITAS ET VITA”. Saat melihat ukiran tulisan itu, saya belum menemukan artinya. Sesampainya di Indonesia, saya ingat kata-kata itu dan searching, ternyata artinya adalah “I am the Way, the Truth, and the Life” (John 14 : 6).  

You Might Also Like

0 komentar